Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Komisi X DPR: LPTK Harus Jadi Penggerak Utama Proses Transformasi Guru

Komisi X DPR: LPTK Harus Jadi Penggerak Utama Proses Transformasi Guru
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda. (Foto: dpr.go.id)
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda. (Foto: dpr.go.id)

Jakarta, NU Online

Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Syaiful Huda menegaskan, Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) harus menjadi institusi penggerak utama pada proses transformasi guru dalam Peta Jalan Pendidikan


Ia menjelaskan, Peta Jalan Pendidikan tersebut memiliki tujuan agar ketika terjadi pergantian pejabat menteri, tidak lantas mengganti kebijakan. Karena itu, Peta Jalan Pendidikan diharapkan menjadi panduan dalam kebijakan pendidikan ke depan, serta tidak mengalami perubahan seiring dengan penggantian pejabat.


Huda mengakui bahwa pihaknya belum memiliki kesesuaian dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) terkait LPTK yang dimintanya untuk menjadi penggerak utama transformasi guru itu.


“LPTK harus menjadi institusi utama dalam proses transformasi dan menyiapkan guru yang terbaik. Terkait transformasi guru, kami ingin agar sektor utama yang menjadi sokoguru adalah LPTK. Pada konteks ini, kami belum sesuai dengan Kemendikbudristek,” kata Huda dikutip dari dpr.go.id, pada Jumat (7/5).


Sekalipun Kemendikbudristek saat ini memiliki program transformasi seperti  Guru Penggerak, tetapi menurutnya, LPTK tetap memegang peranan kunci karena merupakan penghasil sumber daya manusia (SDM) pendidik.


“Di mata kami, LPTK memegang peranan kunci dalam rangka revitalisasi. Oleh karena itu, kami meminta agar LPTK memegang peranan kunci dalam rangka transformasi guru pada masa yang akan datang,” terang Legislator dari Daerah Pemilihan Jawa Barat VII itu.


Lebih lanjut dikatakan bahwa LPTK hendaknya menjadi pusat transformasi karena menghasilkan pendidik dari hulu ke hilir. Namun itu belum termaktub di dalam konsep Peta Jalan Pendidikan 2020-2035.


“Dalam rekomendasi panja Peta Jalan Pendidikan DPR, kami merekomendasikan Kemendikbudristek menjadikan LPTK sebagai institusi terdepan dalam menyiapkan guru,” pungkas politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.


Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Parlemen Lainnya

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×