Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Beli Komoditas Pangan di TTIC Lewat Gojek, Murah dan Bebas Ongkir

Beli Komoditas Pangan di TTIC Lewat Gojek, Murah dan Bebas Ongkir
Iklan promo belanja lewat Gojek, murah dan bebas ongkir. (Ilustrasi: Kementan)
Iklan promo belanja lewat Gojek, murah dan bebas ongkir. (Ilustrasi: Kementan)

Jakarta, NU Online

Penerapan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam menangani Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di DKI Jakarta yang dimulai Jumat 10 April 2020 pukul 00.00, membuat warga Jakarta harus benar-benar ‘di rumah’. Sebab, segala akses yang berhubungan dengan dunia luar dibatasi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

 

Salah satu yang ikut terusik adalah pemenuhan kebutuhan barang konsumen. Namun warga Jakarta tak perlu galau. Sebab, Kementerian Pertanian (Kementan) RI bekerjasama dengan aplikasi Gojek menyediakan 11 komoditas pangan yang dapat dipesan melalui fitur Goshop.

 

Adapun 11 komoditas pangan tersebut adalah beras, daging ayam, daging sapi, telur, minyak goreng, gula pasir, cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih. Warga masyarakat bisa membeli barang tersebut tanpa perlu keluar rumah, apalagi harus antre segala karena akan dilayani secara online.

 

Menariknya, pemesanan komoditas tersebut tidak dipungut ongkos kirim alias bebas ongkir asalkan dibeli di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Pasar Minggu, Jakarta Selatan (Jaksel).

 

Menurut Menteri Petanian RI, Syahrul Yasin Limpo, program tersebut dimaksudkan untuk meringankan beban masyarakat di tengah hunjaman pandemi Covid-19. Dikatakannya, sejak status darurat Covid-19 diberlakukan, kebebasan warga untuk keluar rumah sudah dibatasi dan physical distancing juga harus dijaga.

 

Kebijakan darurat Corona yang demikian itu menuntut orang ‘di rumah saja’, dan mau tak mau telah menggerus penghasilan masyarakat. Sebab, selain banyak perusahaan yang meliburkan karyawannya, usaha-usaha ekonomi masyarakat juga tak sedikit yang stagnan.

 

“Kerja sama Kementan dengan Gojek bertujuan meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Corona. Kami menyediakan sebelas kebutuhan bahan pokok secara komplit,” ujar Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo sebagaimana dikutip kompas.com (6/4).

 

Ada tujuh langkah untuk memesan barang-barang tersebut via aplikasi Gojek.

 

  1. Buka aplikasi Gojek dan pilih menu Gofood.
  2. Ketik pasar mitra tani/TTIC.
  3. Pilih komoditas yang akan dipesan.
  4. Klik tambah.
  5. Klik tombol hijau di bagian bawah halaman untuk melanjutkan ke halaman checkout.
  6. Pastikanalamat pengiriman pada menu “Delivery Location” sudah tepat.
  7. Jika selesai ketik order.

 

Namun itu saja tidak cukup untuk membeli bahan pangan yang murah dan bebas ongkir tersebut. Tapi ada syarat dan ketentuan yang harus dipetuhi.

 

Pertama, promo itu hanya berlaku di pasar Mitra/TTIC Pasar Minggu dan Bogor. Kedua, hanya bisa digunakan untuk jarak pengiriman maksimal 25 kilometer. Ketiga, pembatasan pembelanjaan pangan maksimal 1 kg/1 ltr untuk tiap komoditas pangan kecuali beras maksimal 5 kg. Keempat, satu nomor HP yang mendapat bebasongkir dalam kurun waktu 3 hari sekali. Kelima, pemesaan dimulai pukul 09.00 hingga 13.00 WIB. Keenam, pengantaran pesanan dimulai pukul 10.00 hingga 14.00 WIB.

 

Editor: Aryudi AR



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Pertanian Lainnya

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×