Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ansor Ritel Kota Banjar Mulai Gandeng Koperasi dan Kantin Sekolah

Ansor Ritel Kota Banjar Mulai Gandeng Koperasi dan Kantin Sekolah
DC Ansor ritel kunjungi kantin sekolah di Kota Banjar (Foto: NU Online/Wahyu Akanam)
DC Ansor ritel kunjungi kantin sekolah di Kota Banjar (Foto: NU Online/Wahyu Akanam)
Kota Banjar, NU Online
Upaya meningkatkan perekonomian bagi kader Ansor Kota Banjar, Jawa Barat terus dilakukan. Salah satunya melalui Ansor Ritel yang merupakan perusahaan milik Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor. Perkembangan perusahaan tersebut terus merambah sampai ke daerah, salah satunya di Kota Banjar.
 
Ketua Distribution Centre (DC) Kota Banjar Renato menyampaikan bahwa dirinya mulai diberi mandat untuk bergerak melebarkan sayap di Ansor Ritel khususnya di DC Kota Banjar tahun 2019.
 
Adapun produk yang dijual pun beragam, mulai dari sembako sampai dengan makanan ringan. Salah satu pemasarannya dilakukan dengan mengajak kerja sama dengan kantin yang berada di sekolah.
 
"Kita masuk ke agen-agen yang ada di sekolah dan bekerjasama dengan kantin atau koperasi yang ada di sekolah," katanya kepada NU Online, Ahad (2/2) malam.
 
Namun, dalam perjalanannya karena masih dalam proses merintis sehingga pembayarannya pun harus kontan, terkecuali jumlah pesanan dalam jumlah banyak pihaknya siap memfasilitasi pembayaran secara tempo.
 
"Pembayaran ke DC untuk sementara masih cash dan kalau omset besar bisa kita drop produk dan pembayaran tempo," terangnya.
 
Renato menjelaskan, selain bekerjasama dengan kantin atau koperasi di Sekolah juga bakal menggandeng Pengurus IPNU dan IPPNU Kota Banjar. Hal tersebut bertujuan untuk memberdayakan juga mempercepat gerak perusahaan.
 
"Insyaallah dalam waktu dekat akan bekerjasama dengan IPNU dan IPPNU sehingga ke sekolah bisa masif untuk se-Kota Banjar," jelasnya.
 
Selanjutnya, dalam perdagangan tentunya ada sebuah keuntungan yang didapatkan. Baik untuk pribadi ataupun untuk organisasi, adapun nominal yang akan didapatkan sesuai dengan jumlah penjualan yang dilakukan dan presentasinya sudah ditentukan oleh Ansor Ritel Pusat.
 
"Selisih harga yang dijual itu untuk pemasukan pribadi kader selaku agen. Adapun pun untuk Pimpinan Anak Cabang dan Pimpinan Cabang dapat prosentase dari penghasilan DC," tuturnya.
 
Dirinya juga memaparkan, saat ini barang yang dijual melalui agen-agen bentukan DC seluruhnya dipasok oleh Ansor Ritel Pusat. Sehingga pengurus DC tinggal memesan dan melanjutkannya sampai ke agen.
 
"DC didrop oleh ansor ritel pusat untuk ripik singkong, ripik hijau, anspro, sarinu pay, kopi primanusa, adapun untuk lokal beras kita menggandeng supliyer yang dari Kota Banjar. Untuk produk katering dan nasi kotak kita lokal yang berasal dari kader, manggleng juga lokal," papar Renato.
 
Namun, dirinya tidak berhenti dengan bekerja sama dengan agen dan koperasi di Kota Banjar. Renato juga mencari peluang untuk wilayah yang lebih luas lagi, menurutnya ketika mempunyai jaringan luas maka ketika sudah memiliki produk sendiri tidak akan susah untuk memasarkannya.
 
"Kita sekarang sedang buat jejaring dan buka pasar baik lokal juga nasional. Karena produk lokal bisa juga di pasarkan ke teman-teman Ansor lain yang tergabung dalam Ansor Ritel Nusantara," paparnya.
 
Renato berharap ke depan dapat tumbuh tenaga profesional dari salah satu Kader Ansor di Kota Banjar di bidang marketing, sehingga dapat membantu dalam menambah daya jual produk yang dipasarkan.
 
"Kami sedang mengupayakan merekrut tenaga profesional dari dalam kader ataupun luar kader yang sudah terbiasa menjadi marketing guna mempercepat penjualan dan meningkatkan omset," harapnya. 
 
Kontributor: Wahyu Akanam
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile