IMG-LOGO
Internasional

Usai Lebaran, Masjidil Aqsa Dibuka Kembali untuk Jamaah

Kamis 21 Mei 2020 13:15 WIB
Usai Lebaran, Masjidil Aqsa Dibuka Kembali untuk Jamaah
Dewan memutuskan mencabut larangan terhadap jamaah memasuki Masjidil Aqsa setelah liburan Idul Fitri.
Yerusalem, NU Online
Pengelola Masjidil Aqsa di Yerusalem mengumumkan bahwa masjid tersuci ketiga bagi umat Islam tersebut akan dibuka kembali untuk para jamaah setelah Hari Raya Idul Fitri. Dibukanya kembali ini setelah dua bulan ditutup karena pandemi Covid-19.

"Dewan memutuskan untuk mencabut larangan terhadap jamaah memasuki Masjidil Aqsa setelah liburan Idul Fitri," demikian pernyataan yang dirilis pengelola masjid, Wakaf Islam Yerusalem, Selasa (19/5), dikutip laman AFP dan Aljazeera.

Direktur Masjid, Omar al-Kiswani, berharap tidak ada pembatasaan jamaah yang akan memasuki masjid. Meski demikian, dia menyebut bahwa pemerintah akan mengumumkan mekanisme dan langkah selanjutnya. Menurutnya, mekanisme itu dimaksudkan agar pihaknya tidak dikecam karena melanggar protokol kesehatan di tengah pandemi.
 
Untuk diketahui, penutupan Masjidil Aqsa dilakukan secara bertahap. Pada pertengahan Maret lalu, Pengurus Masjid Al-Aqsa Yerusalem mengumumkan penutupan area dalam masjid. Jamaah dilarang melaksanakan shalat di dalam masjid. Namun saat itu, mereka masih diperbolehkan shalat di kompleks masjid.    

Kemudian, pada Senin, 23 Maret lalu, Wakaf Islam Yerusalem mengumumkan bahwa kompleks Masjidil Aqsa ditutup secara total untuk mencegah penyebaran virus corona. Penutupan kali ini merupakan kelanjutan dari kebijakan sebelumnya itu. Penutupan Masjidil Aqsa pada 23 Maret lalu merupakan yang pertama sejak tahun 1967 silam.
 
Dengan aturan itu, Masjidil Aqsa ditutup bagi jamaah selama bulan suci Ramadhan tahun ini. Wakaf Islam Yerusalem mengatakan, keputusan tersebut sangat 'menyakitkan' bagi umat Islam. Namun, itu dilakukan berdasarkan fatwa ulama dan pertimbangan medis untuk keselamatan dan keamaan bersama.
 
Selama Ramadhan, puluhan ribu Muslim biasanya datang ke Masjidil Aqsa untuk melaksanakan shalat tarawih. Namun, karena tahun ini ditutup, malam-malam bulan Ramadhan di sana tidak seramai seperti biasanya. Bagi umat Muslim, Masjidil Aqsa di Yerusalem adalah tempat tersuci ketiga, setelah Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Pewarta: Muchlishon
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG