IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Ratusan Bonsai Meriahkan Seabad Madrasah di Pesantren Tambakberas


Jumat 27 Mei 2016 22:01 WIB
Bagikan:
Ratusan Bonsai Meriahkan Seabad Madrasah di Pesantren Tambakberas
Jombang, NU Online
Setidaknya ada 300 jenis pohon bonsai memadati halaman Gedung Serba Guna KH Hasbullah Said di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang Jawa Timur.

"Mereka datang dari sejumlah kota di Indonesia," kata Mohammad Rif'an, Jumat (27/5). Sesuai dengan data yang masuk ke panitia, para peserta berasal dari Jakarta, Kampung dan kota lain di Jawa.

Menurut alumnus Pascasarjana UIN Maliki Malang ini, keberadaan kontes atau lomba tanaman bonsai sebagai sarana kian mengenalkan pesantren. "Karena tidak sedikit masyarakat yang kurang mengenal dengan baik keberadaan pesantren," terangnya.

Mengenalkan pesantren, khususnya Pesantren Tambakberas, sebutkan untuk Pondok Pesantren Bahrul Ulum dapat dilakukan dengan berbagai cara. "Salah satunya yang dilakukan panitia lomba bonsai kali ini," ungkapnya.

Sejumlah anggota masyarakat masih ada saja yang belum mengenal dengan baik Pesantren Tambakberas. "Padahal usia pesantren ini sudah memasuki 191 tahun," kata pengajar di Madrasah Muallimin-Muallimat tersebut.

Diharapkan dengan kian menyapa elemen masyarakat umum lewat komunitas bonsai, keberadaan pesantren semakin dikenal khalayak.

Lomba bonsai dibagi dalam beberapa tahap. "Pendaftaran peserta dilakukan sejak 25 hingga 26 Mei," katanya. Berikutnya dilakukan penjurian terhadap peserta, dan dilanjutkan lelang dari 29 hingga 30 bonsai. Kontes ini akan berakhir hingga 31 Mei mendatang

Rif'an berharap kegiatan ini bisa memacu para santri dan keluarga pesantren kian cinta kepada sumber daya alam yang demikian melimpah.di negeri ini. "Jangan sia-siakan anugerah flora dan fauna yang ada," pesannya. Dengan menjaga dan memelihara pohon bonsai, sama dan sebangun dengan menjaga keindahan serta kelebihan yang dimiliki bangsa ini. "Tugas kita memelihara keragaman yang ada, agar tetap lestari," pungkasnya. (Ibnu Nawawi/Zunus) 
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG