Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Konsolidasi Kontributor Jateng-DIY

Konsolidasi Kontributor Jateng-DIY
Brebes, NU Online
NU Online merupakan situs resmi NU yang melaporkan kegiatan dan kebijakan PBNU. Meskipun demikian, besar sekali harapan agar informasi yang disampaikan tidak hanya terpusat dari Jakarta.

Upaya penjaringan informasi dilakukan dengan mendorong kader-kader NU di daerah yang selama ini sudah biasa menulis untuk bisa menjadi kontributor sehingga dapat melaporkan aktifitas NU setempat.<> 

Selama ini, proses perekrutan kontributor masih berjalan secara alamiah, beberapa kader NU yang tertarik menulis, mengirimkan lamarannya ke redaksi NU Online dan secara bertahap diberi pemahaman tentang kebijakan keredaksian. Tetapi untuk memperluas jejaring, upaya penjaringan kontributor secara aktif akan dilakukan secara langsung oleh divisi Litbang yang kali ini dipegang oleh Hamzah Sahal.

Sejauh ini, daerah yang paling aktif kontribusi berita daerahnya terutama di jalur Pantura, Brebes, Tegal, Pekalongan, Demak, Surabaya, Jombang sementara yang lainnya masih dalam kategori dibawahnya, upaya pengembangannya masih sangat dimungkinkan.

Bukannya PCNU lainnya tidak ada kegiatan, tetapi aktifitas NU tersebut tidak ada yang melaporkannya sehingga seolah-olah terkesan mati. Keberadaan laporan kegiatan di NU Online dapat mendorong aktifitas dan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk meraih kesuksesan yang sama. Saat ini, NU Online telah menjadi rujukan bagi Rais Aam, Ketua Umum Tanfidziyah dan jajaran pengurus NU untuk mengetahui aktifitas kegiatan di daerah.

Pada tanggal 4-6 Maret atau Jum’at-Ahad lalu, kontributor NU Online untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY berkumpul di Brebes untuk melakukan konsolidasi guna menyamakan persepsi untuk memajukan website ini. Pertemuan ini mewakili 20 kabupaten dan kota dengan jumlah peserta 30 orang. Komunikasi yang selama ini hanya dilakukan via email, dapat bertemu langsung dan berdialog. Berbagai keluhan seperti berita yang tidak dimuat bisa diberi penjelasan secara gamblang.

Masukan-masukan akan menjadi bagian dari upaya memperbaiki diri, termasuk nantinya pembentukan milis khusus bagi kontributor serta pemberian penghargaan kontributor terbaik tiap bulan untuk memacu mereka agar lebih berprestasi.

Upaya konsolidasi ini sekaligus untuk menyiapkan kontributor daerah dalam menghadapi NU Portal, yaitu NU Online akan memfasilitasi website NU lokal, yang servernya terintegrasi dengan NU Online di gedung PBNU Jakarta. Daerah hanya perlu menyiapkan staff redaksi yang menggawangi webnya, sedangkan urusan teknologi informasinya akan ditangani di Jakarta. Para kontributor yang selama ini sudah aktif nantinya akan menjadi pengelola website tersebut.

Upaya ini sangat penting untuk memberi kontribusi pengetahuan keislaman yang rahmatan lil alamiin di internet, mengingat selama ini, kontent keislaman yang ada masih banyak bernuansa Islam garis keras. Banyak kader muda NU yang mampu berkiprah dalam bidang ini, tinggal bagaimana konsolidasi dilakukan.

NU Online sangat menghargai dan mengapresiasi kerja-kerja para kontributor dengan semangat keikhlasan, sepi ing pamrih, rame ing gawe, akan mampu menjadikan NU Online terus maju dan berkembang dan tetap mempertahankan posisinya sebagai website terbaik kategori ormas.

Kami berharap, setelah ini, mampu melangkah ke Jawa Timur, untuk mengumpulkan potensi-potensi penulis yang selama ini masih terserak. (mkf)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×