Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Said Aqil Jadi Koordinator Nasional Gerakan Deradikalisasi Agama

Said Aqil Jadi Koordinator Nasional Gerakan Deradikalisasi Agama
Malang, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj dinobatkan sebagai Koordinator Nasional Gerakan Deradikalisasi Agama. Penobatan dilakukan dalam simposium nasional tentang deradikalisasi agama di Malang, Jawa Timur, Sabtu (30/10).

Penobatan didahului dengan penendatanganan pakta integritas oleh perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Kementerian Pertahanan RI, Densus 88 Polri, Kementerian Agama RI, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pemprof Jatim, pimpinan perguruan tinggi dan perwakilan peserta simposium dari berbagai wilayah di Indonesia.<>

Dalam pakta integritas disebutkan, gerakan deradikalisasi membutuhkan tokoh atau figur yang dianggap mampu berada di depan dalam mengembangkan paham keagamaan yang toleran. SAid Aqil dinilai memenuhi kriteria ini.

Ketua BNPT Ansyaad Mbai membubuhkan tantatangan pertama dalam pakta integritas itu setelah Said Aqil menyatakan kesediaannya dan membubuhkan tandatangan. Sementara dari Kementerian Pertahanan tandatangan pakta integritas diwakili oleh Staf Ahli menteri pertahanan.

Wakil Gubernur Jawa Timur yang ikut menandatangani pakta integritas itu menyatakan, Said Aqil pantas menjadi koordinator nasional gerakan deradikalisasi karena berhasil mengembangan dialog-dialog keagamaan. “Bahkan melalui dialog Kiai Said berhasil menyadarkan seseorang yang mengaku jadi nabi,” katanya.

Said Aqil sendiri usai penobatan itu bertekad, NU yang dipimpinnya akan terus menyebarkan paham keagamaan yang tasamuh atau toleran. (nam)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×