Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Umat Islam Inggris Rayakan Idul Fitri di Trafalgar Square

Umat Islam Inggris Rayakan Idul Fitri di Trafalgar Square

London, NU Online
Umat Islam di London mengelar acara "Eid in the Square", semacam acara halal bi halal yang diadakan di alun alun kota London yang dikenal dengan Trafalgar Square, tidak jauh dari Museum British  dan Istana Buckingham, kediaman resmi Ratu Elizabeth II, Sabtu.

Meskipun perayaan baru berlangsung pada pukul 13.00 waktu setempat, masyarakat Inggris dari berbagai bangsa berduyun-duyun memenuhi alun alun yang terdapat patung tinggi  pahlawan Inggris Neilson dan kolam di tengah-tengah alun alun, telah berdatangan sejak pagi hari.

<>

Perayaan Idul Fitri yang digelar untuk kedua kalinya itu digelar oleh berbagai organisasi Islam di Inggris seperti Dewan Muslim Inggris, Islamic Relief sepenuhnya mendapat dukungan dari  Walikota London Ken Livingstone.

Trafalgar Square yang tidak jauh dari Istana Buckingham merupakan halaman yang luas yang biasanya digunakan untuk berbagai kegiatan sepanjang tahun seperti promosi dan pameran, shooting foto atau film, dan bahkan menjadi tempat berkumpulnya para pendemo.

Walikota London atau yang sering disebut dengan Mayor, Ken Livingstone mengatakan bahwa suatu kehormatan ia dapat hadir dan menyampaikan selamat kepada seluruh umat Islam di London pada perayaan hari Raya Idul Fitri, yang menandai akhir dari bulan suci Ramadhan.  

"Kebersamaan merupakan kunci dari perayaan Idul Fitri yang dapat menghapuskan segala rintangan baik etnis, budaya dan juga agama dari berbagai msyarakat yang berasal dari seluruh dunia," ujar Ken Livingstone, seorang walikota yang sangat bersahaja.   

Dikatakannya perayaan Idul Fitri yang diadakan di Trafalgar Square ini akan dapat menyatukan berbagai masyarakat dan tempat berkumpulnya berbagai umat beragama baik Islam maupun non-Muslim yang akan dapat memperkaya kebudayaan Islam. 

Sementara itu Sekjen Dewan Muslim Inggris (Muslim Council for Britain -MCB)    Muhammad Abdul Bari mengatakan bahwa umat Islam yang ada di London merasa bangga bisa merayakan Idul Fitri di Trafardar Square.

Diakuinya dari tahun ke tahun penyelenggaraan Idul Fitri semakin besar yang membawa kebersamaan umat Islam London yang berasal dari berbagai bangsa yang sudah menetap lama di Inggris seperti komunitas masyarakat Mesir di daerah Ealing maupun dari Pakistan di daerah Putney.    

Perayaan Idul Fitri yang diselenggarakan di tengah-tengah musim gugur di Kerajaan Inggris dengan suhu cuaca berkisar antara 10 derajad celsius itu diramaikan dengan artis artis di antaranya Mesut Kurtis asal Turki yang datang ke Inggris untuk menuntut ilmu.

Mesut, artis yang multi talen bergabung dengan kelompok Nasyid Mecedonia itu menelurkan album nasyid yang bernama Salawat. Selain itu juga tampil seniman mualaf Hamza Robertson kelahiran Lancashire yang sangat menyukai musik sejak dini.

Hamza yang pandai bermain keybord dan gitar yang setiap rangkaian lagu yang dinyanyikannya bertujuan untuk dakwah. Selain itu juga tampil pelawak dari Somalia yang menetap di selatan London.

Acara yang disponsori oleh Unison London RegionTransport for London, Muslim Aid dan Metropolitan Police Service serta London Fire Brigade juga digelar bazar makanan dan kegiatan kreatif lainnya untuk anak-anak. (ant/gus)

 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×