Nasional

Baznas Targetkan Penghimpunan Zakat Capai Rp301 Miliar Selama Ramadhan 1444 H

Jum, 10 Maret 2023 | 17:30 WIB

Baznas Targetkan Penghimpunan Zakat Capai Rp301 Miliar Selama Ramadhan 1444 H

Ketua Baznas RI Prof Noor Achmad dalam konferensi pers Tarhib Ramadhan dan kick off program penulisan Mushaf Al-Qur'an di kantor Baznas RI, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (10/3/2023). (Foto: NU Online/Indi)

Jakarta, NU Online
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menargetkan penghimpunan dana zakat selama bulan suci Ramadhan 1444 H/2023 mencapai Rp301 miliar.

 

Hal ini diungkapkan Pimpinan Baznas RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan dalam konferensi pers Tarhib Ramadhan dan Kick Off Program Menulis Al-Qur’an Bersama Amil, Mustahik, dan Muzaki, Baznas se-Indonesia di Gedung Baznas RI, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (10/3/2023).

 

“Ramadhan ini merupakan bulan terbaik bagi Baznas untuk menggerakan dakwah zakat sekaligus juga melakukan pengumpulan zakat. Target di Ramdhan tahun ini Baznas pusat menargetkan 301 miliar,” ungkap Rizaludin.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

 

Sementara untuk Baznas seluruh Indonesia dan lembaga amil zakat, Rizaludin mengatakan akan menargetkan penghimpunan mencapai 11 triliun.

 

Lebih lanjut ia menjelaskan, sumber perhimpunan dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS) akan bersumber dari himpunan dana ZIS yang masuk ke neraca rekening Baznas dan pengadministrasian zakat fitrah.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND

 

Dalam pengumpulannya, Rizaludin mengatakan bahwa Baznas menyediakan robot zakat atau Rozak yang akan beroperasi di beberapa mall di kawasan Jabodetabek. Inovasi tersebut guna memberi kemudahan untuk masyarakat menunaikan zakatnya.

 

Robot zakat yang bakal bergerak mobile itu akan membawa pesan dakwah zakat. Rozak juga akan dilengkapi dengan kode QRIS, sehingga siapapun bisa membayar zakat langsung dengan mudah.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

 

“Si Rozak ini akan kita diluncurkan oleh Pak Ketua Baznas. Kerja sama dengan perusahaan penyediaan robot. Kalau tahun lalu kita punya zakat metaverse, tahun ini kita punya si Rozak. Ini bagian dari pelayanan dan dakwah zakat,” jabarnya.

 

“Insyaallah akan ada di 1-2 mall di Jabodetabek,” imbuhnya.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND

 

Rizaludin menegaskan bahwa Baznas akan terus melakukan pelayanan terbaik untuk penghimpunan program jemput zakat yang tersedia selama 24 jam.

 

“Siapa yang ingin berzakat dan mau menghitungkan zakatnya kami menyediakan tim. Saat ini ada 200-an relawannya yang kita himpun untuk pelayanan ini,” jabarnya.

 

Selanjutnya, Rizaludin menyebut penghimpunan zakat Baznas juga tersedia melalui kanal-kanal digital. Ia juga memastikan, pihaknya tetap menyediakan konter fisik zakat di 33 mall dan perkantoran.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND

 

“Sudah aktif ada sekitar 120-an kanal digital, baik itu kanal digital e-commerce, crowdfunding, website, media sosial dan yang lainnya itu bisa ada layanan untuk berzakat,” tutupnya.

 

Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Aiz Luthfi

ADVERTISEMENT BY ANYMIND