Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

1 Miliar Terkumpul dari Koin NU Cilacap Selama Desember

1 Miliar Terkumpul dari Koin NU Cilacap Selama Desember
Koin NU Cilacap salah satunya dimanfaatkan untuk membantu pengobatan warga. (Foto: NU Care Cilacap)
Koin NU Cilacap salah satunya dimanfaatkan untuk membantu pengobatan warga. (Foto: NU Care Cilacap)

Jakarta, NU Online
Dalam bulan Desember 2020 ini, NU Care-LAZISNU Cilacap Jawa Tengah berhasil mengumpulkan dana hampir satu miliar atau senilai Rp993.074.725 dari gerakan kotak infak (Koin) NU.

 

Manajer NU Care-LAZISNU Cilacap, Ahmad Fauzi mengatakan jumlah tersebut terkumpul dari perederan kotak Koin NU di 250 desa di 22 kecamatan se-Kabupaten Cilacap. Banyaknya kotak yang tersebar adalah 45.860 kaleng. Jika dirata-rata setiap kaleng berisi Rp21.654. Kecamatan Kesugihan meraih rekor tertinggi dengan Rp137.042.500 dan 7.311 kaleng.


"Lebih dari 1000 petugas penjemput Koin NU yang bergerak tiap bulannya. Dana dari Koin NU diambil setiap awal bulan tanggal 1-5 setiap bulannya," kata Fauzi, Ahad (20/12) malam.
 

Selama ini, Koin NU di Cilacap dimanfaatkan untuk beberapa program seperti penguatan kelembagaan berupa infrastruktur organisasi, pendidikan atau pelatihan banom dan lembaga di PCNU Cilacap. Selain itu juga untuk realisasi program sosial seperti bantuan ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial keagamaan, dan penanganan kebencanaan.

 

"Program yang sudah dilakukan meliputi pemberian beasiswa pendidikan, bantuan biaya pengobatan, pengadaaan ambulans layanan umat, mobil sehat NU, bantuan modal usaha, gerobak usaha, pelayanan kesehatan melalui pengobatan gratis, posbindu, kegiatan penanggulangan kebencanaan (rescue sampai recovery), bantuan operasional madin TPQ, kartu muazin sehat, dan masih banyak lagi lainnya," bebernya.

 

Oleh NU Care-LAZISNU Cilacap, Koin NU diaktifkan sejak November 2019. Melibatkan relawan dari berbagai banom dan lembaga NU, perolehan Koin NU cenderung mengalami peningkatan dalam jumlah pemasukan setiap bulannya.

Fauzi mengatakan antusias warga Cilacap mengisi Koin NU karena selain mengandung manfaat infak dan sedekah, masyarakat juga melihat dari program-program sosial Koin NU yang tepat sasaran. Dalam data NU Online, hampir setiap hari NU Care-Cilacap mengantar pasien ke rumah sakit baik di Cilacap maupun Banyumas. NU Care-Cilacap juga rutin mengadakan khitan massal, pemberian bantuan usaha, perbaikan rumah warga yang rusak.

 

Di samping itu, NU Care juga bergerak cepat dalam kebencanaan. Seperti diberitakan, bencana banjir melanda beberapa kecamatan di Cilacap sejak hampir tiga bulan ini. NU Care-LAZISNU mendukung NU Peduli dalam penanganan pascabanjir juga memanfaatkan termasuk dari dana Koin NU, selain dari bantuan yang digalang secara virtual.

 

Pihaknya berharap perolehan dana Koin NU semakin besar dan banyak masyarakat yang terbantu. "Dan tentu harapannya semakin banyak pula program program strategis yang dilakukan oleh pengurus NU di masing-masing kecamatan," pungkasnya.

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×