Daerah HARI SANTRI 2016

4.444 Santri Apel Di Tugu Pahlawan Surabaya

Sab, 22 Oktober 2016 | 05:04 WIB

Surabaya, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Surabaya melaksanakan upacara bendera dalam rangka Hari Santri 2016. Untuk menyemarakkan, PCNU Kota Surabaya menggelar peringatan detik-detik Resolusi Jihad yang dikumandangkan Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari. Juga Apel Santri di Tugu Pahlawan, Shalawat Nariyah dan bedah buku.  

Apel yang digelar pada pagi ini (22/10), diikuti oleh 4.444 santri dari seluruh Surabaya. Apel dimulai pukul 07.30 WIB dipimpin langsung oleh inspektur upacara KH MH Mutawakkil Alallah (Ketua PWNU Jatim). 

"Menyambut hari santri dan peringatan Resolusi Jihad yang jatuh 22 Oktober PCNU Surabaya mengerahkan semua komponen dan potensi kekuatan NU Kota Surabaya untuk mengikuti apel dan pawai di berbagai kegiatan lain," kata H A Muhibbin Zuhri, Ketua PCNU Kota Surabaya.

Ia menambahkan Hari Santri penting untuk diperingati seluruh komponen masyarakat sebagai penghargaan kaum pesantren dan kiai yang telah memberikan kontribusi besar terhadap bangsa Indonesia. 

Ditegaskannya, perjuangan ulama dan kiai bersama para santri yang menggelorakan Resolusi Jihad sangat luar biasa mengorbankan jiwa raga melawan penjajah. "Karenanya, momentum 22 Oktober nanti kita peringati sebagai upaya mengingatkan sejarah," ujarnya.

Ketua panitia Hari Santri NU Kota Surabaya, Mohammad Faisol menjelaskan, kegiatan diawali dengan Gebyar pembacaan 4.444 Sholawat Nariyah dan doa pada malam sabtu tanggal 21 Oktober 2016 di Kantor Hoofdbestuur Nahdotoel Oelama jalan Bubutan Surabaya.

Setelah Apel Hari Santri siang hari pukul 12.00 WIB akan dilanjut dengan agenda bedah buku di Kampus Universitas NU Surabaya (Unusa) jalan Jemursari Surabaya, serta malam harinya ditutup dengan resepsi hari Santri Nasional di Masjid Al-Akbar Surabaya yang akan dihadiri oleh Rais Am dan Ketum PBNU. (rof maulana/abdullah alawi)