Daerah

5 Pesan Moral Prof Endang Komara saat Wisuda Ke-67 Uninus Bandung

Jum, 10 November 2023 | 21:00 WIB

5 Pesan Moral Prof Endang Komara saat Wisuda Ke-67 Uninus Bandung

Plt Rektor Uninus Bandung, Prof Endang Komara saat wisuda gelombang pertama Wisuda Ke-67 Uninus, Kamis (9/11/2023). (Foto: Tangkapan layar Youtube Uninus TV)

Bandung, NU Online
Plt Rektor Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung, Prof Endang Komara menyampaikan 5 pesan moral penting kepada wisudawan gelombang pertama Wisuda Ke-67 Uninus, Kamis (9/11/2023).


Lima pesan moral yang disampaikan adalah agar para wisudawan dapat

  1. Menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat
  2. Menjaga integritas sebagai landasan utama dalam setiap tindakan dan keputusan
  3. Bisa memberikan kontribusi nyata pada kesejahteraan sosial dan menjadi agen perubahan dalam mengatasi masalah sosial yang dihadapi masyarakat
  4. Mengha perbedaan dan belajarlah dari latar belakang yang beragam
  5. Mampu menjaga kesehatan fisik dan mental


Prof Endang menegaskan keseimbangan dalam hidup merupakan kunci kebahagiaan. "Dengan menjaga kesehatan, kalian akan memiliki energi dan semangat untuk meraih kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan," ujar Prof Endang Komara dalam wisuda yang berlangsung di Aula Serbaguna Gedung Pascasarjana Lantai 3 Uninus Bandung, Jawa Barat.


Prof Endang Komara juga berharap bahwa wisudawan nantinya dapat melanjutkan etape kehidupan selanjutnya dengan bekal keilmuan yang relevan pada dunia usaha dan dunia industri.


Sebelumnya dalam acara yang sama Ketua Pembina Yayasan Uninus, Mujib Qulyubi memberi selamat atas keberhasilan para mahasiswa dengan mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih.

 

"Bukan sudah wisuda tetapi baru wisuda karena hakikatnya wisuda adalah formalitas selamatan di dunia akademik, tapi wisuda yang sesungguhnya manakala ilmu di Uninus ini bermanfaat di masyarakat," kata Mujib Qulyubi.


Mujib Qulyubi juga menyampaikan pesan dari Ketua Yayasan Uninus KH Hasan Nuri Hidayatullah agar para wisudawan dapat menjadi anfa'uhum lin nas, menjadi sebaik-baiknya manusia dengan karya dan kiprah yang bermanfaat untuk kehidupan orang banyak.


"Lulusan yang menebar manfaat melalui karya dan kiprah di masyarakat akan mengharumkan almamater," katanya.

 

Dengan prestasi wisuda yang mengesankan ini, Uninus semakin menegaskan posisinya sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen untuk mencetak lulusan yang siap menghadapi perubahan dan tantangan di masa depan.

 

Wisuda Ke-67 Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung dibagi dalam dua gelombang. Setelah rampung gelombang pertama pada Kamis lalu (9/11/2013), gelombang selanjutnya akan diselenggarakan sepekan berikutnya yakni pada Kamis (16/11/2023) yang bertepatan dengan hari jadi ke-64 Uninus. Pada gelombang kedua tersebut diagendakan juga peluncuran logo baru Uninus.