Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

7 Persiapan Orang Tua saat Anak Tatap Muka 100 Persen

7 Persiapan Orang Tua saat Anak Tatap Muka 100 Persen
Pengamat Keluarga dari UIN Lampung Abdul Qodir Zaelani. (Foto: Istimewa)
Pengamat Keluarga dari UIN Lampung Abdul Qodir Zaelani. (Foto: Istimewa)

Jakarta, NU Online
Pada pekan ketiga Juli ini, tahun pelajaran 2022/2023 sekolah dan madrasah bakal segera dimulai. Seiring dengan terkendalinya Covid-19 di Tanah Air, diperkirakan banyak lembaga pendidikan yang menggelar kegiatan belajar mengajar dengan tatap muka 100 persen. Kondisi dan situasi ini perlu dipersiapkan bukan hanya oleh anak namun juga orang tua memiliki peran penting dalam hal ini.


Pengamat Keluarga dari Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung Abdul Qodir Zaelani menyebut setidaknya ada 7 hal yang harus dipersiapkan oleh para orang tua dalam mengawali masa transisi ini. Persiapan ini penting mengingat selama lebih kurang dua tahun, anak banyak belajar secara daring dan intensitas orang tua banyak dialokasikan untuk melakukan bimbingan.


Pertama, menurut AQZ, sapaan karibnya, para orang tua perlu mempersiapkan mental untuk bisa beradaptasi dengan kondisi transisi tatap muka yang masih diliputi Covid 19. Hal ini penting karena jika tidak dipersiapkan dengan baik maka bisa mempengaruhi kesiapan dari anak.


“Beradaptasi dengan kondisi baru, dimana orang tua akan membiasakan kembali mempersiapkan peralatan belajar anak, dan mempersiapkan bekal anak setiap pagi. Kemungkinan stres dengan kondisi baru akan menyelimuti orang tua,” katanya saat dihubungi NU Online, mengungkapkan persiapan kedua.


Ketiga lanjutnya, orang tua perlu memberikan pemahaman dan pengertian dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami anak, terkait virus Corona. Sehingga anak akan terus menjaga protokol kesehatan dengan baik dan benar. Hal ini dilakukan karena bagaimanapun Covid-19 belum hilang 100 persen di sekitar kita.


Keempat, para orang tua perlu memastikan imunisasi anak lengkap. “Jika memungkinan vaksinasi,  baiknya anak sudah divaksinasi. Sehingga dapat membantu kekebalan tubuh,” katanya mengingatkan para orang tua.


“Jika perlu, orang tua memastikan memberikan asupan vitamin untuk anak upaya menjaga daya tahan tubuh,” imbuhnya, Rabu (13/7/2022).


Persiapan kelima lanjutnya, para orang tua perlu mempersiapkan bekal anak dengan gizi yang seimbang. Sehingga anak bisa terkontrol asupan yang dimakan ketika di sekolah. Anak juga perlu diingatkan untuk tetap menjaga kesehatan dengan pola aktivitas sehat di sekolah.


“Ajarkan anak agar terus menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Siapkan hand sanitizer atau desinfektan, untuk membersihkan tangan anak atau membersihkan meja anak dari kotoran,” jelasnya tentang persiapan keenam.


Terakhir, menurut dia, orang tua harus tetap mengajak anak berkomunikasi dengan baik setiap hari. Sehingga orang tua bisa mengetahui perasaan dan hal lainnya yang didapatkan ketika anaknya berada di sekolah.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×