Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Awali Tahun Baru 2022, Ansor Lamtim Gelar Khataman Al-Qur’an Virtual

Awali Tahun Baru 2022, Ansor Lamtim Gelar Khataman Al-Qur’an Virtual
Gelaran khatmil Qur'an virtual oleh PC GP Ansor Lampung Timur. (Foto: Dok. Ansor Lamtim)
Gelaran khatmil Qur'an virtual oleh PC GP Ansor Lampung Timur. (Foto: Dok. Ansor Lamtim)

Lampung Timur, NU Online
Mengawali giat tahun baru 2022, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, menggelar khataman Al-Qur'an 30 Juz secara virtual pada Sabtu 1 Januari 2022.


Acara yang diikuti seluruh Pengurus PC dan PAC GP Ansor se-Lampung Timur tersebut dipimpin Sekretaris PC GP Ansor Lamtim, Retno Setiawan, yang juga Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Labuhan Ratu. Adapun doa khatmil Qur'an dipimpin oleh Ketua PC GP Ansor Lamtim HM Muslih.


Dalam arahannya, Muslih menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya pembacaan Al-Qur'an 30 juz ini semata hanya ingin mengisi dan menghiasi awal tahun baru 2022 ini dengan ibadah kepada Allah swt.


Ia juga menyampaikan bahwa Al-Qur'an adalah mu'jizat terbesar Nabi Muhammad saw. “Oleh karena itu, siapa yang mau membacanya maka Al Qur'an akan memberikan syafaat pada hari kiamat nanti kepada,” kata Muslih.


Pada tahun 2022 ini, Muslih menyadari bahwa GP Ansor secara organisasi akan banyak menghadapi tantangan di berbagai bidang. Selain itu, GP Ansor juga masih banyak memiliki harapan dan cita-cita yang tertuang dalam program kerja yang belum tercapai.

 

“Maka melalui pembacaan Al-Qur'an 30 juz ini kita berharap Allah berkenan memberi petunjuk, perlindungan, dan pertolongannya kepada kita. Khususnya kader GP Ansor dan masyarakat Lampung Timur pada umumnya. Intinya, berkah besar kita harapkan wasilah khatmil Qur'an ini,” ujar Pengasuh Pesantren Darul Fattah Way Bungur tersebut.


Muslih menambahkan, hari ini bukan hanya khatmil Qur'an yang dilaksanakan. Akan tetapi, siangnya seluruh Ketua PAC GP Ansor se-Lamtim akan melaksanakan giat bakti penanaman pohon buah di beberapa Pesantren se-Lamtim.


Kasetma Banser Lamtim Tufani selaku ketua panitia mengatakan, acara tersebut dibuka pada pukul 05.00 WIB usai sholat Subuh dan berakhir pada Pukul 06.15 WIB. “Alhamdulillah, acara berjalan lancar dan tertib” ujarnya.


“Metode yang kami gunakan adalah dengan membagi juz kepada 24 PAC. Sementara yang 6 juz dibaca pengurus PC GP Ansor Lamtim. Doa diimami Ketua PC GP Ansor Lamtim HM Muslih,” sambung Tufani.


Sementara itu para Ketua PAC GP Ansor se-Lamtim menyambut baik ide, gagasan, dan kegiatan ini. Ketua PAC GP Ansor Sekampung Udik Supriyadi dan Ketua PAC GP Ansor Bumi Agung Ahmad Khoirur Rojiin sepakat bahwa kegiatan ini selain praktis, efisien, juga sangat bermanfaat.


“Mengingat kegiatan ini dilaksanakan secara virtual. Selain bernilai ibadah, acara dilaksanakan pagi setelah Subuh untuk mengawali hari dan tahun baru ini,” ujar keduanya dihubungi terpisah.


Di akhir sesi, Muslih juga mengapresiasi peserta yang pertama hadir di link zoom, yaitu Ketua PAC GP Ansor Labuhan Ratu, Ari Setiawan, berupa T-Shirt cantik berlogo NU lengkap dengan gambar Ketua Umum PBNU terpilih, KH Yahya Cholil Staquf.


Kontributor: Ahmad Sobirin
Editor: Musthofa Asrori



Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya