Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Banjir di Aceh Utara, NU Care-LAZISNU Salurkan Bantuan untuk Pesantren

Banjir di Aceh Utara, NU Care-LAZISNU Salurkan Bantuan untuk Pesantren
Penyaluran bantuan bagi pesantren terdampak banjir di Aceh Utara, Senin (17/1/2021). (Foto: NU Care-LAZISNU Aceh)
Penyaluran bantuan bagi pesantren terdampak banjir di Aceh Utara, Senin (17/1/2021). (Foto: NU Care-LAZISNU Aceh)

Aceh Utara, NU Online

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Aceh menyalurkan bantuan tahap pertama bagi warga terdampak banjir pada Senin (17/1/2022). Bantuan tersebut hasil penggalangan melalui NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah (LAZISNU) Aceh. Bantuan menyasar beberapa titik di Aceh Utara dan sekitarnya. Kegiatan juga bekerja sama dengan Perhimpunan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Aceh.

 

Bantuan berupa paket barang kebutuhan bilik santri, seperti kasur, tikar, sapu dan alat kebersihan lainnya tersebut diserahkan ke beberapa dayah (pesantren) dan balai pengajian di Kecamatan Lhokseukon, Matangkuli, dan Pirak Timu.

 

Banjir terjadi pada awal Januari 2022 ini akibat hujan deras dengan intensitas tinggi berdampak pada meluapnya air Sungai Krueng Peutoe, Sungai Krueng Keureuto, dan Sungai Krueng Pirak, mengakibatkan jebolnya tanggul sungai.

 

Koordinator NU Care-LAZISNU Peduli, Tgk Zarkasyi Yusuf yang diwakili Rifki Ismail melaporkan bahwa bantuan yang disalurkan tersebut merupakan hasil donasi sejak pertama banjir di wilayah Aceh Utara beberapa waktu lalu.

 

"Penyaluran bantuan tahap pertama dikhususkan ke beberapa lembaga pendidikan Agama Islam atau dayah. Hal itu disebabkan terbatasnya bantuan yang ada, yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi seluruh santri dan masyarakat yang ada," ungkapnya.

 

Ketua NU Care-LAZISNU Aceh, Tgk HT Mahyuddin Helmi didampingi Sekretaris Tgk Muslem Hamdani MA mengatakan bahwa kegiatan penyaluran tersebut dapat terlaksana dengan adanya dukungan dan bantuan dari seluruh donatur yang menjadi dermawan via NU Care-LAZISNU Aceh.

 

"Peran donatur dalam setiap kegiatan LAZISNU Aceh adalah penentu jalannya kegiatan yang kami rencanakan. Kami hanya penjadi fasilitator tempat donasi yang kemudian juga kami melakukan penyaluran agar terlaksana secara baik dan sempurna. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkenan menjadi donatur kegiatan ini," ujar Tgk Mahyuddin.

 

Pimpinan Dayah Keumaral Al Aziziyah, Waled Teuku Zulfadhli HT Ismail mengucapkan terimkasih dan apresiasi kepada Pengurus LAZISNU PWNU Aceh dan PC Pergunu Aceh Utara yang telah menginisiasi program. 

 

"Kita sangat mengapresiasi dan mendoakan kepada seluruh pengurus yang telah menjadi pelopor kemanusiaan, guna selalu menebar kebaikan dan mengajak semua elemen masyarakat terus berbuat kebaikan, dengan saling membantu bersama," tambah Waled.

 

Tgk Muslem Hamdani menjelaskan bahwa NU Care-LAZISNU adalah rebranding dan atau sebagai pintu masuk agar masyarakat global mengenal Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU). 

 

Sementara Tgk HT Mahyuddin Helmi mengajak semua masyarakat dapat menyalurkan bantuan melalui NU Care-LAZISNU Aceh ke Rekening Bank Aceh 01302244444444 atas Nama LAZISNU PWNU Aceh.


​​​​​​​Kontributor: Helmi Abu Bakar
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×