Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Beberapa Tradisi Pesantren Nurul Amin Kalbar Sambut HUT RI

Beberapa Tradisi Pesantren Nurul Amin Kalbar Sambut HUT RI
Pondok Pesantren Nurul Amin Kubu Raya, Kalimantan Barat.
Pondok Pesantren Nurul Amin Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Jakarta, NU Online

Kontribusi pondok pesantren dalam kemerdekaan bangsa Indonesia diiringi dengan upaya mengisi kemerdekaan, baik melalui doa maupun tindakan nyata menjaga Indonesia.


Salah satunya Pondok Pesantren Modern Nurul Amin Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Beberapa bentuk kegiatan perayaan yang dilakukan oleh pesantren tersebut sebagai berikut;


Pertama, istighotsah, doa bersama, dan berholawat. Pengasuh Pondok Pesantren Modern Nurul Amin Kubu Raya KH Nasiruddin memaparkan bahwa setiap datang hari kemerdekaan Pondok Pesantren Nurul Amin rutin memeriahkan HUT RI.


“Pontren Modern Nurul Amin pasti menyambut hari kemerdekaan dengan doa bersama, istighotsah dan bershalawat, hal itu demi mendoakan para ulama, kiai dan santri,” tutur Kiai Nasiruddin.


Kedua, upacara kemerdekaan RI. Seperti Pondok Pesantren Modern Nurul amin yang rutin melaksanakan upacara bendera. “Mengikuti upacara dapat membangkitkan jiwa nasionalisme bagi para santri,” ungkap KH Nasiruddin yang juga Ketua Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) PWNU Kalimantan Barat.


Ketiga, perlombaan ala pesantren. Pondok pesantren Modern Nurul Amin juga setiap tahunnya memperingati hari kemerdekan dengan merangkai beberapa perlombaan yang diikuti oleh para santri, guru, alumni dan masyarakat umum sekitar.


Selain hiburan, mengadakan perlombaan juga bertujuan untuk meningkatkan kompetisi santri. Lomba yang diadakan oleh Pesantren Modern Nurul Amin meliputi lomba jasmani dan rohani.


“Lomba jasmani dalam bidang olahraga seperti Lomba sepak bola dan voli, kemudian lomba rohani yang mengarah pada kegiatan spiritual seperti lomba baca kitab kuning, tilawah, hadroh, syahril Qur’an, dan Seni Pidato,” papar Kiai Nasiruddin.


Ia menambahkan, Pondok Pesantren Nurul Amin juga mengadakan lomba debat Bahasa Asing antarsantri, meliputi bahsa Arab, Inggris dan Mandarin.


Momen HUT RI harus diarayakan dengan riang gembira dan penuh rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia,” tandasnya.


Pewarta: Siti Maulida

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×