Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Buka MTQ, Ketua PCNU Morotai Ajak Masyarakat Baca dan Amalkan Al-Quran

Buka MTQ, Ketua PCNU Morotai Ajak Masyarakat Baca dan Amalkan Al-Quran
Pembukaan MTQ Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Ahad (27/2/2022)
Pembukaan MTQ Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Ahad (27/2/2022)

Morotai, NU Online

Untuk menumbuhkembangkan bakat dan minat dalam bidang tilawah Al-Qur'an, juga sebagai ajang untuk mensiarkan nilai-nilai ajaran Al-Qur'an, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Morotai, Maluku Utara menggelar Musabaqah Tilaatil Quran (MTQ) ke-29. Kegiatan dibuka Ahad (27/2/2022).


Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pulau Morotai H Hasyim Hi Hamzah mengatakan dalam riis yang diterima NU Online, Senin (28/2/2022) mengatakan MTQ tingkat kabupaten ini juga sebagai ajang untuk menyeleksi pesrta terbaik di Kabupaten Pulau Morotai unntuk mewakili ke ajang MTQ tingkat Provinsi Maluku Utara pada 20 Maret 2022, serta ke jenjang MTQ tingkat nasional di Provinsi Kalimantan Timur.


Kegiatan MTQ ke-29 diikuti kafilah dari enam kecamatan yakni Kecamatan Morotai Selatan, Kecamata Morotai Selatan Barat, Morotai Timur, Morotai Utara, Morotai Jaya, dan Pulau Rao dengan total jumlah peserta 180 orang. Adapun cabang-cabang tilawah yaitu Tilawah kanak-kanak putra/putri, tilawah remaja putra/putri, tilawah remaja putra/putri, tilawah dewasa putra/putri, tahfidz 1 juz putra/putri, 5 juz putra-putri, 10 jus putra/putri, 20 juz putra/putri, 30 juz putra/putri, cabang fahmil  Qur'an putra/putri, cabang syarhil Qur'an putra-putri, cabang qiraah putra/putri, cabang khattil qur'an putra/putri, dan cabang penulisan karya ilmiah putra/putri.


"Harapan saya dengan momen MTQ ini kita terus berupaya membumikan nilai-nilai Qur'ani dalam kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat berbangsa dan beragama dalam bingkai NKRI," kata pria yang juga Ketua PCNU Pulau Morotai itu.


Selain itu para para qori dan qoriah dapat senantiasa meningkatkan baca tulis Al-Qur'an, memahami, menghayati, dan dapat mengamalkannya dengan baik.


Pihaknya juga menyampaikan tentang kemuliaan yang ada di dalam Al-Qur'an, salah satunya untuk berbuat baik kepada sesama serta tidak membeda-bedakan orang berdasarkan agama. Ia juga mengajak untuk sama-sama membuka, membaca, mempelajari serta mengamalkan Al-Qur'an ke dalam kehidupan sehari-hari. 


Pembukaan Mushabaqah Tilawatil Qur'an diselenggarakan di Gedung Islamic Center Pulau Morotai. Acara dibuka dengan devile kafilah dari berbagai kecamatan, serta pelantikan Dewan Hakim MTQ.

 

Dalam acara ini Turut Hadir Bupati Kab.Pulau Morotai, Wakil Bupati Kab.Pulau Morotai, Pimpinan Anggota DPRD, Forkopimda Morotai, Sekretaris Daerah, Para Pimpinan Organisasi Perempuan, Para Asisten Staff Ahli dan OPD, Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat.


Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Alhafiz Kurniawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×