Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

PCNU Morotai Maluku Utara Dorong Nahdliyin Kuatkan SDM dan Ekonomi Lokal

PCNU Morotai Maluku Utara Dorong Nahdliyin Kuatkan SDM dan Ekonomi Lokal
Ketua PCNU Maluku Utara Hasyim Hi Hamza pada peringatan harlah ke-96 NU, Kamis (20/2/2022) malam. (Foto: istimewa)
Ketua PCNU Maluku Utara Hasyim Hi Hamza pada peringatan harlah ke-96 NU, Kamis (20/2/2022) malam. (Foto: istimewa)

Pulau Morotai, NU Online

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, menggelar peringatan hari lahir ke-96 Nahdlatur Ulama di Gedung Morotai Islamic Center, Desa Gotalama, Kecamatan Morotai Selatan, Kamis (20/2/2022) malam. Acara diisi dengan zikir akbar dan istighotsah sekaligus pelantikan Muslimat NU Cabang Morotai

Ketua PCNU Maluku Utara Hasyim Hi Hamza mengatakan melalui peringatan tersebut pihaknya mengajak Nahdliyin Morotai yang telah ikut serta memperingati harlah NU maupun Nahdliyin secara umum agar turut dan terus memelihara perdamaian serta ketenangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegera.

"Mari kita terus gelorakan komitmen kebangsaan untuk terus memperjuangkan suasana kemerdekaan dengan tetap memegang teguh prinsip-prinsip saling menghormati, menghargai dan bekerja sama dalam kemaslahtan dan kehidupan bersama," kata Hasyim melalui pesan singkat kepada NU Online, diterima Jumat (11/2/2022) malam.

Selain itu, ia juga mengajak Nahdliyin di Pulau Morotai untuk terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengembangan usaha juga perlu dilakukan untuk terus meningakatkan taraf kehidupan masyarakat.
 

"Dengan bekerja keras, bekerja ikhlas secara tulus untuk mengembangkan SDM di sini untuk meningkatkan perekenomian di Morotai," kata Hasyim.

"Mudah-mudahan kerja sama kita ini untuk bangkit bersama melalui NU dan pemerintah daerah bersama-sama membangun Morotai, sehingga Morotai bisa terwujud dan bisa hidup secara lahir dan batin," imbuhnya.

Peringatan harlah NU mengangkat tema Menyongsong 100 Tahun Nahdalutul Ulama: Merawat Jagat, Membangun Peradaban. Adapun agenda pelantikan Muslimat NU berdasarkan keputusan pimpinan pusat Muslimat Nahdlatul Ulama nomor: 0613/SK/A/PPMNU/XI/2021 tentang susunan pengurus Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Pulau Morotai masa khidmah 2021-2026.

Dalam sambutannya, Ketua Muslimat NU Maluku Utara, Rosita Alting mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, yang telah memberikan fasilitas hingga terlaksananya kegiatan ini.

"Usia Nahdlatul Ulama  sudah 96 tahun, kita telah turut berpartisipasi dalam catatan sejarah khususnya kaum perempuan. Saya meminta kepada pengurus Muslimat NU Cabang Morotai dapat berperan aktif dan membuat program dalam visi misi yang ada di buku pedoman yang telah ada, serta turut membantu program pemerintah juga," kata Sorita.

Sementara itu, Bupati Pulau Morotai, Benny Laos mengatakan secara pribadi serta Pemerintah Daerah Pulau Morotai mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus Muslimat NU Cabang Pulau Morotai. "Mari kita mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh ulama-ulama yang ada di indonesia termasuk di Pulau Morotai," kata Bupati Benny.

Pihaknya berharap para pengurus Muslimat NU dapat berpartisipasi dalam program vaksinasi, serta dapat mengikuti program lainnya yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Menurut Bupati, vaksinasi dilakukan agar dapat memberikan kekebalan tubuh terlebih saat ini ada varian baru Covid-19 yaitu Omicorn.

"Saya harap, mari kita jaga tubuh kita, kita jaga anak cucu kita dan kita jaga Kabupaten Pulau Morotai dari Covid-19," ungkap Bupati.

Ia menegaskan target pencapaian vaksin bisa memperbaiki ekonomi di Pulau Morotai. Apabila terjadi peningkatan kasus Covid-19 akan dilaksanakan PPKM. "Maka saya meminta agar mengikuti program pemerintah, sehingga semua dapat beraktivitas dengan lancar," kata dia.

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Alhafiz Kurniawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×