Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Diklat Kurikulum ke-NU-an Penting untuk Kepala Sekolah dan Guru LP Ma'arif NU

Diklat Kurikulum ke-NU-an Penting untuk Kepala Sekolah dan Guru LP Ma'arif NU
Diklat kurikulum ke-NUan oleh PW LP Ma'arif NU Jateng (Foto: NU Online/Aklis)
Diklat kurikulum ke-NUan oleh PW LP Ma'arif NU Jateng (Foto: NU Online/Aklis)

Magelang, NU Online Jateng
Setelah di akhir tahun mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) implementasi kurikulum Ke-NU-an, kini LP Ma'arif NU PWNU Jateng bersama LP Ma'arif NU PCNU Kabupaten Magelang kembali melanjutkan Diklatnya yang bertempat di Kantor LP Ma'arif NU PCNU Kabupaten Magelang pada Sabtu (2/1).

 

Pada Diklat kali ini kita sudah sampai pada angkatan yang ketiga dan keempat. Peserta pada Diklat kali ini berjumlah 80 orang yang berasal dari tingkat Madrasah Tsnawiya (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

 

Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng H Hudallah Ridwan Naim mengungkapkan, misi NU adalah menjaga kemurnian ajaran Rasulullah yang pada hakikatnya adalah meneruskan ajaran Nabi Muhammad SAW.

 

"Kenapa kita harus menjaga? Karena manusia diciptakan Allah SWT adalah untuk membawa misi Khalifah dan membangun peradaban dunia ini," katanya.

 

Oleh karena itu lanjutnya, pemahaman ke-NU-an secara utuh menjadi sangat penting bagi kepala sekolah dan guru-guru di lingkungan LP Ma'arif NU agar tidak punya tafsir sendiri-sendiri.

 

"Ke-NU-an harus menjadi pegangan dasar bagi kepala sekolah dan guru-guru Ma'arif NU," tegasnya.

 

Ketua PC LP Ma'arif NU Kabupaten Magelang mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya Diklat adalah meningkatkan ideologi NU dan guru atau kepala madrasah dapat memahami serta mengimplementasikan kurikulum Ke-NU-an dengan baik. 

 

"Melihat kondisi saat ini, meski secara keseluruhan pengelola sekolah di LP Ma'arif NU adalah Nahdliyin, akan tetapi pemahaman ke-NU-an secara utuh menjadi hal yang wajib," ucapnya.

 

Penanggung Jawab program Diklat Muammar Ramadhan berharap agar Diklat ini bisa berjalan masif di seluruh Jawa Tengah. Sehingga kurikulum Ke-NU-an dapat dipahami dan diimplementasikan oleh guru-guru secara baik. 

 

"Diklat implementasi kurikulum Ke-NU-an ini juga rencananya akan dilanjutkan di kabupaten dan kota lain yang berada di Jawa Tengah," ungkapnya. 

 

Acara Diklat selain dihadiri oleh Sekretaris PWNU Jateng H Hudallah Ridwan Naim, juga dihadiri Ketua PCNU Kabupaten Magelang KH Ahmad Izzuddin, dan Ketua PC LP Ma'arif NU Kabupaten Magelang.

 

Kontributor: Aklis, Samsul Huda

Editor: Abdul Muiz



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×