Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Hari Bhayangkara Ke-75, PWNU Jabar Harap Polri Terus Perkuat Peran saat Pandemi

Hari Bhayangkara Ke-75, PWNU Jabar Harap Polri Terus Perkuat Peran saat Pandemi
Ketua PWNU Jawa Barat KH Hasan Nuri Hidayatullah (Foto: NU Online/Iqbal)
Ketua PWNU Jawa Barat KH Hasan Nuri Hidayatullah (Foto: NU Online/Iqbal)

Bandung, NU Online
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat KH Hasan Nuri Hidayatullah mengingatkan Kepolisian Republik Indonesia agar mengawal dua hal pada situasi pandemi Covid-19 ini.


“Dua hal ini merupakan bagian pidato Bapak Jenderal Listyo Sigit Prabowo setelah dikukuhkan sebagai Kapolri,” kata kiai yang akrab disapa Gus Hasan ini. “Dua hal ini menjadi sangat penting dan menemukan momentumnya pada situasi saat ini,” lanjutnya.


Pertama, kata Gus Hasan, Polri harus tegas mendisiplinkan masyarakat tanpa pandang bulu dalam menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 yang saat ini makin meninggi tiap hari.


Dengan mendisiplinkan protokol kesehatan masyarakat, kata Gus Hasan, Polri sesuai dengan pesan-pesan luhur agama Islam yaitu kemaslahatan umat demi menjaga keselamatan mereka.


“Dalam ajaran Islam dikatakan, menyelamatkan satu nyawa sama dengan menyelamatkan seluruh nyawa di muka bumi,” tegasnya.


Kedua, kata Gus Hasan, pandemi Covid-19 ini tidak hanya masalah kesehatan, melainkan keamanan dan ekonomi. Oleh karena itu, Polri harus mampu mengawal agar bisa menjaga keamanan dan perekonomian bisa kembali tumbuh.


Gus Hasan juga mengingatkan bahwa Polri harus menjalankan 8 komitmen Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Komitmen tersebut disampaikan Listyo saat uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR.


Delapan komitmen Kapolri itu adalah: pertama, menjadikan Polri sebagai institusi yang Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan atau (Presisi). Kedua, menjamin keamanan untuk mendukung program pembangunan nasional.


Ketiga, menjaga soliditas internal. Keempat, meningkatkan sinergisitas dan soliditas TNI-Polri, serta bekerja sama dengan APH dan kementerian/lembaga lain untuk mendukung dan mengawal program pemerintah.


Kelima, mendukung terciptanya ekosistem inovasi dan kreativitas yang mendorong kemajuan ekonomi Indonesia. Keenam, menampilkan kepemimpinan yang melayani dan menjadi teladan. Ketujuh, mengedepankan pencegahan permasalahan, pelaksanaan keadilan restorative justice dan problem solving. Kedelapan, setia kepada NKRI dan senantiasa merawat kebhinekaan.


“Saya mewakili Nahdliyin dan pengurus PWNU Jawa Barat mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke-75. PWNU akan mendukung Polri yang bekerja secara profesional sebagaimana amanat undang-undang. Semoga semakin jaya Kepolisian Indonesia. Amin,” pungkasnya.


Pewarta: Abdullah Alawi
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×