Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Keberadaan Serikat Nelayan NU di Aceh Harus Menyejahterakan

Keberadaan Serikat Nelayan NU di Aceh Harus Menyejahterakan
Kebaradaan PW SNNU Aceh harus kian menyejahterakan nelayan yang ada. (Foto: NU Online)
Kebaradaan PW SNNU Aceh harus kian menyejahterakan nelayan yang ada. (Foto: NU Online)

Banda Aceh, NU Online

Lewat perjalanan yang penih dinamika, akhirnya di Provinsi Aceh telah terbentuk Pengurus Wilayah (PW) Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama atau (SNNU). Dan yang didaulat sebagai ketua adalah Tgk H Sofyan Suri.

 

Selaku ketua terpilih, Tgk Sofyan Suri menyampaikan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan berharap mampu mengemban amanah dengan baik.

 

"Alhamdulillah dengan kepercayaan yang ada semoga nakhoda ini bisa berjalan dengan dukungan dan kerja sama semua pengurus. Oleh sebab itu, dukungan sangat diharapkan," katanya kepada NU Online, Ahad (15/11).

 

Alumni Dayah Ma'hadal Ulum Diniyyah Islamiyyah Masjid Raya Samalanga (MUDI Mesra) itu berharap dengan adanya SNNU mampu mewujudkan impian masyarakat nelayan ke arah yang lebih baik.

 

"Wadah SNNU yang telah dibentuk di provinsi dan selanjutnya akan melebarkan sayap ke kabupaten. Hal ini tentu saja memerlukan dukungan dan kerja sama semua pengurus dan pihak terkait lainnya," ungkapnya.

 

Sementara itu, Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Aceh, Tgk Asnawi M Amin menyatakan sangat bangga dengan kehadiran PW SNNU Aceh. Apalagi keberadaannya merupakan badan otonom atau Banom baru di NU yang lahir di era milenial.

 

"Perlu diketahui bahwa PW SNNU ini adalah badan otonom di NU yang baru berumur beberapa bulan, dan diresmikan langsung oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU,” katanya.

 

Dijelaskannya, bahwa yang harus diperhatikan dari kepengurusan baru ini adalah tetap semangat dan jangan berkecil hati.

 

“Terus bergerak dan membangun komunikasi antarstakeholder yang ada di Aceh untuk mengembangkan SNNU di Aceh,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut,Tgk Asnawi mengatakan bahwa banyak hal yang harus dikerjakan dan dilakukan PW SNNU Aceh. Salah satunya adalah advokasi dan melakukan mediasi kepada para nelayan yang membutuhkan bantuan khususnya yang ada di Aceh.

 

“Juga untuk menyejahterakan nelayan lantaran mereka sebagai pejuangan, demikian pula membantu nelayan merupakan ibadah bagi para pengurus,” jelasnya.

 

Dipaparkan bahwa Indonesia memiliki lautan sangat luas, demikian pula peran SNNU hadir sebagai solusi di tengah kelompok nelayan.

 

“Karenanya berikan edukasi dan advokasi atas kebutuhan nelayan, baik akibat iklim dan cuaca yang tidak menguntungkan,” pungkasnya.



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×