Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kemandirian Ekonomi Hendaknya Jadi Perhatian Ansor 

Kemandirian Ekonomi Hendaknya Jadi Perhatian Ansor 
Pembukaan Konferensi Anak Cabang (Konferancab) GP Ansor Kecamatan Leuwimunding, Majalengka. (Foto: NU Online/Aan Subarhan)
Pembukaan Konferensi Anak Cabang (Konferancab) GP Ansor Kecamatan Leuwimunding, Majalengka. (Foto: NU Online/Aan Subarhan)
Majalengka, NU Online
Kemandirian ekonomi dalam sebuah organisasi mutlak diperlukan agar tercipta organisasi yang kuat dan sehat. Dengan memanfaatkan jaringan dan jamaah, sudah saatnya hal tersebut diwujudkan.
 
Inilah yang menjadi perhatian Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Majalengka, Jawa Barat yakni menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan kader Ansor yang tersebar di kawasan setempat.
 
Penegasan disampaikan Ketua PC GP Ansor Kabupaten Majalengka, Ahmad Cece Ashfiyadi pada acara Konferensi Anak Cabang (Konferancab) GP Ansor Kecamatan Leuwimunding. Kegiatan dipusatkan di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Leuwimunding, Ahad (2/2).
 
Kang Cece, sapaan akrabnya mengatakan bahwa saat ini Ansor sedang konsen mengembangkan dunia usaha dalam wadah Distributor Center atau DC Ansor Ritel yang bergerak dalam bidang pengadaan bahan makanan pokok. 
 
"Saat ini Ansor memaksimalkan mesin organisasi untuk penguatan ekonomi organisasi dengan membentuk organ usaha bernama DC Ansor Ritel," ungkapnya.
 
Ia pun menambahkan bahwa dengan jumlah kader yang tersebar di seluruh wilayah Majalenga dan terbentuknya kepengurusan di setiap kecamatan bahkan sampai desa merupakan potensi yang besar untuk mengembangkan kemandirian ekonomi organisasi. 
 
"Seperti halnya saat ini kita sedang roadhsow melakukan peremajaan organisasi dengan agenda pergantian kepengurusan di tingkat kecamatan merupakan kekuatan organisasi dalam pengembangan ekonomi di samping tetap fokus kaderisasi dan penguatan akidah Ahlussunnah wal Jama'ah ala Nahdlatil Ulama," ungkap pria yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bukhori Garawangi Sumberjaya ini.
 
Dirinya juga mengajak semua pihak untuk bersinergis dalam memajukan kehidupan maupun kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Majalengka. 
 
"Ansor sangat terbuka untuk bekerja sama dengan semua pihak dalam kemaslahatan dan kemajuan Kabupaten Majalengka. Oleh karenanya kami berharap Pemkab memberikan perhatian kepada para pemuda dalam ikut membantu mewujudkan visi dan misinya," harapnya.
 
Senada dengan Cece, Ketua Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Kecamatan Leuwimunding, Syamsu Ma'arif. Ia mengemukakan  bahwa Ansor dengan salah satu unsur yakni Barisan Ansor Serbaguna atau Banser di dalamnya selama ini sudah banyak berkiprah dengan berbagai program. Tujuannya untuk kemaslahatan umat. 
 
"Keberadaan Ansor dengan Bansernya tentunya sudah banyak dirasakan kontribusinya baik melalui program internal maupun eksternal," katanya.
 
Acara dibuka secara resmi dengan pemukulan rebana oleh Ketua MWCNU Kecamatan Leuwimunding, KH Amrin Rosyidi. Hadir pula Rois MWCNU Kecamatan Leuwimunding, Kiai Maman Faturrohman, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, H Nasir, anggota DPRD Kabupaten Majalengka, Suheri, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Majalengka, Ahmad Cece Ashfiyadi.
 
Tampak pula unsur Muspika Kecamatan Leuwimunding, tokoh agama, masyarakat, dan ratusan kader Ansor Kecamatan Leuwimunding.

 
Kontributor: Aan Subarhan
Editor: Ibnu Nawawi 


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×