Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

‘Sorban’ Solusi Kemandirian Ekonomi Ansor dan Banser Kota Batu

‘Sorban’ Solusi Kemandirian Ekonomi Ansor dan Banser Kota Batu
Peluncuran pusat usaha "Sorban' yang digagas PC GP Ansor Kota Batu. (Foto: NU Online/Bellgis Avrianzah)
Peluncuran pusat usaha "Sorban' yang digagas PC GP Ansor Kota Batu. (Foto: NU Online/Bellgis Avrianzah)
Batu, NU Online
Kemandirian dalam berbisnis pada era global semakin marak. Saat ini mulai banyak bermunculan enterpreneur yang berlomba-lomba untuk membesarkan ataupun merintis usaha. 
 
Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kota Batu, Jawa Timur menjadi salah satu yang tidak ingin ketinggalan. Karenanya meluncurkan pusat bisnis yang diberi nama ‘Sorban’ pada Jumat (31/1) di Balai Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji. Kegiatan juga bertepatan dengan peringatan hari lahir ke-94 Nahdatul Ulama.
 
"Sengaja kami barengkan dengan hari lahir NU biar sekalian ngalap berkah dan tabarukan," kata Ja'far Shodiq sebagai Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Batu.
 
Rencananya, ‘Sorban’ yang dikelola oleh Ansor dan Banser ini memiliki berbagai macam produk yang ditawarkan. Dan hal tersebut tentu saja menjembatani kebutuhan warga sekitar, khususnya warga NU.
 
"Beberapa macam usaha kami di antaranya ada travel, kopi bubuk, percetakan, beras punel, dekorasi, dan out bond," tuturnya. 
 
M Zuhron Muslih selaku Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor Bumiaji mengaku bahwa dirinya berhasil menjual produknya dalam acara peluncuran tersebut.
 
"Alhamdulillah, saya dan sahabat-sahabat ada produk kopi bernama 'Tali Jagat'. Saat ini sudah terjual 100 bungkus dengan harga hanya Rp. 10.000,- setiap bungkusnya," ujarnya.
 
Tampak pada kegiatan peluncuran tersebut juga dibagikan kalender untuk peserta dan sebagai upaya memperkenalkan produk percetakan kepada pengunjung maupun anggota lain.
 
"Sebanyak 70 kalender kami berikan kepada anggota guna memperkenalkan produk kami. Alhamdulillah juga ada satu unit mobil untuk disewakan," ucapnya.
 
Dirinya berharap dengan dimilikinya usaha sendiri tersebut akan bedampak kepada kemajuan ekonomi. Ujung-ujungnya dapat membesarkan nama baik Ansor, Banser, maupun NU itu sendiri.
 
"Harapannya, Ansor dan Banser dapat menjadi lembaga yang mandiri. Baik dari segi ekonomi maupun yang lain," katanya.
 
Di ujung pembicaraan, M Zuhron Muslih mengajak sejumlah kalangan untuk mempercayakan aneka layanan yang ada kepada usaha yang digeluti Ansor dan Banser. Apalagi untuk soal kepuasan pelanggan juga menjadi prioritas utama.
 
"Untuk masyarakat sendiri juga bisa menggunakan jasa kami. Baik yang di dalam maupun luar kawasan Batu. Kami juga membuka pelatihan kewirausahaan, paket outbond, penginapan, dan traveling," pungkasnya.
 
 
Kontributor: Bellgis Avrianzah
Editor: Ibnu Nawawi


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×