Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Klinik Pratama NU Jombang Beri Layanan Kesehatan Gratis untuk Ribuan Warga

Klinik Pratama NU Jombang Beri Layanan Kesehatan Gratis untuk Ribuan Warga
Klinik Pratama MWCNU Jombang. (Foto: NU Online/Syamsul Arifin)
Klinik Pratama MWCNU Jombang. (Foto: NU Online/Syamsul Arifin)

Jombang, NU Online

Ribuan warga Nahdlatul Ulama (NU) di Kecamatan Jombang Kota, Kabupaten Jombang, Jawa Timur saat ini telah memiliki kartu sehat. Kartu ini diperoleh dari hasil kerja sama Klinik Pratama Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat dengan sejumlah Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) tingkat desa di Kecamatan Jombang Kota.


Kepala Klinik Pratama MWCNU Jombang Kota, Subagyo mengatakan, kartu sehat tersebut diperuntukkan bagi warga NU yang sudah menjadi anggota  program kemandirian jamaah-jamiyah melalui kotak infak (Koin) UPZISNU di masing-masing desa.


"Alhamdulillah program ini sudah berjalan dengan baik. Kurang lebih 3.000 KK dari Nahdliyin yang sudah punya kartu sehat. Mereka semua adalah warga NU yang membantu menggerakkan kemandirian jamiyah," katanya kepada NU Online, Senin (24/8).


Fasilitas yang didapat pemegang kartu sehat ini adalah pemeriksaan kesehatan di Klinik Pratama MWCNU Jombang Kota secara gratis. Biaya pemeriksaan diambilkan dari perolehan koin dengan rincian 15 sampai 25 persen yang sudah dihimpun di masing-masing UPZISNU.


Sementara sistem pelayanan melalui kartu sehat tersebut tidak hanya per individu, melainkan satu kartu untuk satu keluarga. "Hitungannya bukan menyesuaikan nominal kartu dengan warga NU yang ada di Jombang Kota, tetapi berbasis Kartu Keluarga (KK)," jelasnya.


Ia juga memastikan kartu tersebut tidak bisa digunakan untuk orang lain di luar anggota keluarga sebagaimana di KK. "Karena kita juga sudah menerapkan aplikasi sistem tertentu untuk mendeteksi anggota keluarga di setiap kartu sehat," ungkapnya.


"Saat kartu itu digunakan periksa ke klinik kami, akan muncul anggota-anggota keluarga yang bersangkutan," timpalnya.


Dari sekian banyak desa di Jombang Kota, baru ada lima desa yang memiliki kartu sehat. Hal ini menyesuaikan progres peran UPZISNU di sejumlah desa. Bila semakin banyak UPZISNU tingkat desa yang berdiri dan aktif, maka semakin banyak pula warga NU yang memiliki kesempatan mendapatkan layanan pemeriksaan gratis di Klinik Pratama MWCNU Jombang Kota.


"Baru menyasar ke lima desa. Yaitu Banjardowo, Plosogeneng, Kepatihan, Tambakrejo, Pulo Lor, dan Dapur Kejambon," terangnya.


Ia berharap program ini juga segera dimanfaatkan oleh Nahdliyin di luar lima desa sebagaimana yang disebutkan sebelumnya. "Semoga pada waktu singkat semua warga NU di Jombang Kota mengambil bagian dari manfaat kartu sehat ini," pungkasnya.


Pewarta: Syamsul Arifin
Editor:Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×