Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kurangi Penggunaan BBM, LAZISNU Kudus Bagikan 300 Sepeda untuk Yatim Piatu

Kurangi Penggunaan BBM, LAZISNU Kudus Bagikan 300 Sepeda untuk Yatim Piatu
LAZISNU Kudus membagikan sepeda kepada 300 yatim piatu. Program tersebut di antaranya untuk mengurangi penggunaan BBM.
LAZISNU Kudus membagikan sepeda kepada 300 yatim piatu. Program tersebut di antaranya untuk mengurangi penggunaan BBM.

Kudus, NU Online

Berbagai upaya dapat dilakukan dalam membantu meringankan beban masyarakat. Hal ini juga yang dilakukan oleh LAZISNU Kudus yang melaksanakan program santunan sepeda sekolah bagi yatim piatu.

 

Ketua Lembaga Amil Zakat Infak Shadaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kudus, HM Ihdi Fahmi Tamami mengungkapkan program tersebut berdasarkan pada kebutuhan masyarakat, bukan kepada keinginan pengurus.


“Dalam kondisi pascakenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) sepeda sangat tepat sebagai sarana transportasi anak untuk berbagai kegiatan. Dengan memanfaatkan sepeda dalam berkegiatan juga dapat membantu meringankan beban ekonomi keluarga karena kebutuhan bensin untuk mengantar sekolah, les, mengaji, dan lain sebagainya dapat berkurang cukup banyak,” papar H Fahmi kepada NU Online, Senin (12/9/2022).


Bantuan yang diberikan LAZISNU Kudus disambut baik oleh anak-anak yatim piatu. Dihubungi secara terpisah, penerima santunan sepeda, Khozinatul Fakhriyah menuturkan senang sekali mendapatkannya.


“Sepedanya mau saya pakai untuk sekolah karena sepeda yang di rumah kecil dan sudah rusak akhirnya tidak terpakai. Sehingga saya ketika sekolah harus diantar jemput keluarga,” jelasnya kepada NU Online.


Hal ini juga dibenarkan oleh sang ibu, Siti Salamah yang mengungkapkan kebahagiaannya karena keinginan sang anak dapat terwujud.


“Alhamdulillah sudah terwujud karena sudah sejak dua tahun lalu anak menginginkan sepeda baru warna ungu. Karena saya belum mampu membelikan akhirnya selama ini sekolah saya antar jemput pakai motor. Dengan diberikannya sepeda akan meringankan saya untuk tidak lagi mengantar jemput apalagi sekarang harga BBM naik,” papar Salamah.


Hal yang sama juga diungkapkan oleh orang tua yang lain, ibu Sonah yang mengungkapkan senang mendapatkan bantuan sepeda. Mengingat usia anak yang masih TK/RA sehingga harapannya ketika anak sudah masuk ke sekolah dasar dapat mengenakan sepeda tersebut untuk sekolah tanpa di antar jemput.


“Apalagi sekarang BBM naik tentu akan sangat terasa buat kami. Jika mendapatkan bantuan sepeda seperti ini tentunya cukup membantu meringankan beban kami karena anak bisa mandiri berangkat dan pulang sekolah,” tuturnya.


Kontributor: Afina Izzati

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×