Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

LAZISNU Nganjuk Bagikan Ember Cuci Tangan Cegah Covid-19

LAZISNU Nganjuk Bagikan Ember Cuci Tangan Cegah Covid-19
Ember pencuci tangan yang diproduksi NU Care-LAZISNU Nganjuk, Jawa Timur. (Foto: NU Online/Rof Maulana)
Ember pencuci tangan yang diproduksi NU Care-LAZISNU Nganjuk, Jawa Timur. (Foto: NU Online/Rof Maulana)
Nganjuk, NU Online
Saat ini, langkah terbaiki adalah bersinergi dan saling bergandengan tangan dalam upaya memutus mata rangkai virus Corana. Yang bisa dilakukan hendaknya segera dikerjakan agar kondisi semakin membaik.
 
Hal berbeda dilakukan NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Ikhtiarnya adalah dengan membagikan ember pencuci tangan yang dipusatkan di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngluyu.
 
"Pola hidup bersih sangat diperlukan saat wabah virus Covid-19 seperti sekarang ini. Salah satu yang harus diperhatikan adalah kebersihan tangan," kata Ani selaku Koordinator Aksi, Jumat (4/3).
 
Gerakan cuci tangan didukung oleh program Kotak Infak atau Koin NU Peduli Desa Sugihwaras yang diperuntukkan untuk kawasan setempat. 
 
Ani mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk ikhtiar Gerakan Koin NU Peduli Desa Sugihwaras untuk mencegah persebaran virus Corona yang saat ini sedang terjadi di Indonesia.
 
“Kita harus melindungi satu sama lain dan harus saling menjaga agar terhindar dari mara bahaya virus Corona,” ungkapnya. 
 
Dalam pandangannya, banyak cara yang telah diumumkan pemerintah untuk mencegah penularan virus Corona, antara lain memakai masker ketika keluar rumah, memakai gel pencuci tangan, menghindari kerumunan dan menjaga jarak 1 meter dengan orang lain. Dan apa yang dilakukan sebagai upaya melaksanakan imbauan tersebut.
 
“Ini merupakan bentuk kepedulian Gerakan Koin NU Peduli kepada warga,” terang Ani yang merupakan Koordinator Gerakan Koin NU Peduli Desa Sugihwaras.
 
Untuk mendukung kreasi ini, dirinya bersama pengurus lain melakukan penyebaran alat sehingga dapat menjangkau berbagai kawasan. 
 
“Kami bagikan ke 11 titik padat penduduk,” terang Ani. Dan diharapkan, apa yang telah dilakukan dapat dicontoh di tempat lain sehingga menjadi gerakan bersama sebagai bentuk mematuhi aturan pemerintah dan membiasakan hidup sehat, lanjutnya.
 
Dijelaskannya, tangan adalah anggota tubuh yang rentan menerima dan tertular virus Corona. Apalagi saat berinteraksi di luar rumah. Karena, keberadaan alat pencuci tangan sangatlah tepat untuk dibuat secara massal.
 
“Terutama dalam hal mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas. Pada saat yang sama pola hidup sehat harus dilakukan seperti olahraga yang cukup, serta asupan makanan bergizi,” tutupnya.
 
Kontributor: Rof Maulana
Editor: Ibnu Nawawi
 


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×