Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

LAZISNU Plumpang Kumpulkan Dana ZIS Rp 2 Miliar

LAZISNU Plumpang Kumpulkan Dana ZIS Rp 2 Miliar
Pentasarufan dana ZIS masyarakat Plumpang kepada mustahiq (Foto: NU Online/ Ahdori)
Pentasarufan dana ZIS masyarakat Plumpang kepada mustahiq (Foto: NU Online/ Ahdori)
Jakarta, NU Online

Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur melalui Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Nahdaltul Ulama (LAZISNU) setempat berhasil menghimpun dana zakat infak sedekah sebesar Rp 2 miliar rupiah. Jumlah itu dihimpun hanya dalam kurun waktu satu tahun empat bulan.

 

Ketua Tanfidziyah MWCNU Plumpang Kiai Mudzakir memberikan apresiasi atas kinerja memuaskan tim LAZISNU tersebut.  Menurutnya, dana yang dihimpun dari masyarakat harus benar-benar dirasakan manfaatnya kembali untuk masyarakat terutama bagi warga NU yang berada di pedesaan dan memiliki kondisi memprihatinkan.

 

“Angka 2 miliar merupakan wujud kerjasama yang sangat harmonis antara MWCNU dengan LAZISNU maupun antara Pengurus Ranting NU dengan Unit Penerima Zakat Infak Sedekah (UPZIS)-nya,” kata Kiai Mudzakir kepada NU Online, Senin (9/12).

 

Ia berharap kepada seluruh pengelola LAZISNU terus berhati-hati saat mengelola dana ZIS terutama saat mendistribusikan bantuan. Bantuan itu harus tepat sasaran sehingga menjadi sesuatu yang dirasakan manfaatnya.

 

“MWCNU Plumpang selalu melaporkan perolehan dan pentasarufan kepada masyarakat sebagai wujud pertanggung jawaban dan transparansi,” ujarnya.

 

Sementara itu perwakilan pengurus LAZISNU Plumpang Mu’in menuturkan, peningkatan penghimpunan zakat infak dan sedekah oleh LAZISNU naik drastis sejak dilakukan kerjasama dengan lembaga lain seperti dengan Sekolah Dasar (SD) yang ada di Plumpang.

 

“Keberhasilan LAZISNU Plumpang merupakan wujud kekompakan dan kerja keras dari seluruh komponen yang ada khususnya jajaran LAZISNU serta Upzis LAZISNU di ranting,” tuturnya.

 

Atas kerjasama itu, penghimpunan LAZISNU setiap bulannya terus mengalami perkembangan yang signifikan. Nantinya seluruh bantuan yang dihimpun LAZISNU sepenuhnya diberikan kepada masyarakat melalui berbagai bantuan terutama di bidang pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan dan kemanusiaan. Ia berharap, kepercayaan masyarakat terus meningkat sehingga banyak masyarakat yang menerima manfaatnya.

 

Kontributor: Abdul Rahman Ahdori

Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×