Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

LBMNU Jateng Terbitkan Buku Panduan Kurban Lengkap, Unduh Versi PDF-nya di Sini

LBMNU Jateng Terbitkan Buku Panduan Kurban Lengkap, Unduh Versi PDF-nya di Sini
Sampul buku Panduan Lengkap Fiqh Kurban Konsep dan Implementasi terbitan LBM PWNU Jawa Tengah. (Foto: Dok. Istimewa)
Sampul buku Panduan Lengkap Fiqh Kurban Konsep dan Implementasi terbitan LBM PWNU Jawa Tengah. (Foto: Dok. Istimewa)

Jakarta, NU Online

Guna menjawab berbagai persoalan seputar kurban yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia, Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Wilayah Nahdalatul Ulama (LBM PWNU) Jawa Tengah menerbitkan buku Panduan Lengkap Fiqh Kurban Konsep dan Implementasi. Buku ini menyuguhkan penjelasan lengkap disertai kutipan ta’bir yang diruju’ dari kitab-kitab mu’tabarah yang menjadi acuan dasar warga NU.


"Penerbitan buku ini merupakan salah satu dari realisasi kegiatan dari program kerja penerbitan. Salah satu program kerja LBM PWNU Jawa Tengah adalah bidang Penerbitan, Sosialisasi, Digitaisasi, Aplikasi, dan Internasionalisasi atas hasil bahtsul masail," kata Ketua LBM PWNU Jawa Tengah, M. Zaenal Amin dalam sambutan buku yang diterbitkan 1 Dzulhijjah 1443 H.

 
Sementara Rais Syuriyah PWNU Jawa Tengah KH Ubaidullah Shodaqoh dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Masalah hukum termasuk masalah yang terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu para kiai yang bertanggung jawab masalah hukum berkewajiban untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat, khususnya warga nahdliyin, mulai dari tingkat Wilayah, Cabang, Ranting, bahkan Anak Ranting.


"Yang demikian ini agar jamiyah kita yang berdasarkan pada fiqh al-a’immah al-arba’ah betul-betul berada pada jalurnya benar, tidak ngreko (mereka-reka) dan ngarang sendiri dalam masalah hukum atau berpura-pura berijtihad. Agar hal itu tidak terjadi maka NU berkewajiban untuk membimbing warganya," jelasnya.


Buku yang sangat penting dimiliki dan dipelajari umat Islam ini memiliki dua kategori. Pertama, kategori materi yang dinilai sudah maklum (secara umum telah diketahui) dan kedua adalah kategori materi yang perlu di-mubahatsah-kan (dibahas serius) dalam majlis bahtsul mas’il karena memiliki kompleksitas tertentu.


Kategori yang dinilai maklum misalnya adalah terkait Arkan al Udlhiyah (rukun-rukun ibadah kurban). Terhadap materi ini LBM hanya melakukan penyusunan materi berdasarkan referensi-referensi mu’tabar di lingkungan NU. Sedangkan kategori materi yang di-mubahatsah-kan adalah terkait kasus-kasus riil di masyarakat dan hal-hal yang sebetulnya sudah dibahas dalam fiqh, namun karena masih bersifat umum maka perlu diperdalam. Pembahasan materinya pun melibatkan LBM PCNU se-Jawa Tengah.


Buku ini tersedia dalam format Portable Document Format (pdf) yang bisa dipelajari setiap saat melalui gawai. Untuk mendapatkan buku yang sangat bermanfaat ini, Anda bisa mengunduhnya melalui tautan Panduan Lengkap Fiqh Kurban Konsep dan Implementasi LBM PWNU Jawa Tengah.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×