Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Lima Kali Berturut-turut! Tanggamus Juara Umum MTQ Ke-48 Lampung

Lima Kali Berturut-turut! Tanggamus Juara Umum MTQ Ke-48 Lampung
Panggung MTQ Ke-48 Lampung. (Foto: NU Online/Faizin)
Panggung MTQ Ke-48 Lampung. (Foto: NU Online/Faizin)

Bandarlampung, NU Online
Kabupaten Tanggamus kembali mendominasi perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Lampung. Kali ini kafilah Bumi Begawi Jejama ini berhasil menjadi juara umum MTQ Ke-48 Provinsi Lampung yang digelar di Komplek Islamic Centre Rajabasa Bandarlampung. Raihan gelar pada MTQ yang diselenggarakan mulai 26 November sampai 2 Desember 2021 ini menjadikan Tanggamus mencatatkan rekor lima kali juara umum secara berturut-turut.


Langganan juara umum Tanggamus dimulai sejak 2016 sejak menjadi tuan rumah MTQ Ke-44 Provinsi Lampung. Selanjutnya Tanggamus meraih juara umum pada 2017 saat MTQ Ke-45 di Kabupaten Pesawaran, pada 2018 saat MTQ Ke-46 di Bandarlampung, dan pada 2019 saat MTQ Ke-47 di Tulang Bawang Barat.


Pada MTQ tahun 2021 ini, Kafilah Tanggamus mendapatkan nilai tertinggi dan berhak mendapatkan tropi piala juara umum. Pengumuman perolehan medali setiap cabang musabaqah ini dilaksanakan pada acara penutupan MTQ ke-48 pada Rabu (1/12/21) malam.


Adapun delapan mimbar yang diperlombakan pada MTQ kali ini adalah Mimbar I Cabang Tilawatil Qur'an, Mimbar II Cabang Qira'at, Mimbar III Cabang Hifdzil Qur'an, Mimbar IV Cabang Tahfidz, Mimbar V Cabang Fahmil Qur'an, Mimbar VI Cabang Syarhil Qur'an, Mimbar VII Cabang Khattil Qur'an, Mimbar VIII Cabang Maqalah Qur'an, dan Mimbar IX Cabang Musabaqah Hadits.


Sebelumnya saat membuka MTQ, Gubernur Lampung H Arinal Djunaidi telah berpesan kepada para dewan hakim untuk dapat menjalankan tugas dengan jujur. Ia berpesan melalui sebuah pantun. “Jangan sembarang bermain bedil. Kecuali terbuat dari kertas. Kepada juri bersikaplah adil. Biar didapat kafilah yang berkualitas,” sambungnya.


Berikut urutan peringkat Musabawah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-48 Provinsi Lampung 2021 yang dilaksanakan di Kota Bandarlampung:

Juara 1 (Umum) : Tanggamus
Juara 2 : Lampung Utara
Juara 3 : Pringsewu
Juara 4 : Metro
Juara 5 : Lampung Selatan
Juara 6 : Bandarlampung
Juara 7 : Pesawaran
Juara 8 : Tulangbawang
Juara 9 : Lampung Tengah
Juara 10 : Lampung Timur
Juara 11 : Waykanan
Juara 12 : Tulang Bawang Barat
Juara 13 : Mesuji
Juara 14 : Lampung Barat dan Pesisir Barat


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×