Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Mahasiswi IAMNU Metro, Satu-satunya dari Sumatera Lolos ke Muktamar Tafsir Nasional

Mahasiswi IAMNU Metro, Satu-satunya dari Sumatera Lolos ke Muktamar Tafsir Nasional
Mahasiswi Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung atas nama Ummi Kulsum berhasil lolos ke Muktamar Tafsir Nasional. (Foto: NU Online/Faizin)
Mahasiswi Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung atas nama Ummi Kulsum berhasil lolos ke Muktamar Tafsir Nasional. (Foto: NU Online/Faizin)
Metro, NU Online
Mahasiswi Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung atas nama Ummi Kulsum berhasil mengharumkan lembaganya setelah menjadi satu-satunya mahasiswa dari Sumatera yang berhasil lolos ke Muktamar Tafsir Nasional.
 
Dara yang akrab disapa Ummi ini merupakan mahasiswi IAT (Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir) Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung yang lolos seleksi paper ke Muktamar yang diselenggarakan di Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo Jawa Timur pada Jumat (10/1).
 
Ummi mempresentasikan paper berjudul Konstelasi Islam Wasatiyah dan Pancasila Serta Urgensi dalam Bernegera Perspektif Tafsir Maqasidi di depan dua puluh empat peserta lainnya dari berbagai perguruan tinggi Islam di Indonesia. Paper ini juga berhasil menghantarkan Ummi menjadi peserta terbaik di panel dua dalam acara tersebut. 
 
Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar IAIMNU Metro. H Ikwanudin, Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah menyatakan bangga dengan prestasi yang diperoleh mahasiswinya ini. Ia berharap mahasiswa Ushuluddin terus dapat menorehkan prestasi di kancah Nasional.
 
“Mudah-mudahan ini menjadi semacam cambuk bagi mahasiswa kami lainnya untuk meraih prestasi yang lebih di tingkat nasional," ujarnya. 
 
Sementara Ketua Prodi IAT, Wahyudi kepada NU Online menyampaikan kebahagiaannya atas prestasi duta lembaganya. Ia berharap prestasi yang telah diukir ini dapat memberikan dampak positif kepada mahasiswa lainnya. Prestasi ini juga diharapkan mampu lebih melibatkan mahasiswanya dalam acara akademis baik lokal maupun nasional.
 
“Tentu ini pencapaian yang patut kita apresiasi dan dibanggakan, apalagi dia satu-satunya peserta dari Sumatera, semoga keterlibatan mahasiswa di acara akademis seperti ini terus meningkat, sehingga dapat mengharumkan nama IAT IAIMNU di kancah Nasional," harapnya. 
 
Berbagai prestasi memang sudah banyak diukir oleh IAIMNU Metro. Bukan hanya akademik, prestasi bidang lain juga sering diukir lembaga yang ada di bawah naungan Lembaga Maarif NU ini.
 
Belum lama ini IAIMNU Metro berhasil menjadi kampus yang terhimpun dalam Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta atau (PTKIS) dan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama atau PTNU pertama yang memiliki jurnal bimbingan dan konseling terakreditasi peringkat dua. Hal tersebut tertuang dalam Nomor SK 23/E/KPT/2019. 
 
Prestasi ini menjadi indikasi bahwa sejumlah capaian membanggakan kini melekat di kampus agama Islam, khususnya yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×