Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

MDS Rijalul Ansor Apresiasi Program Pamekasan Bershalawat

MDS Rijalul Ansor Apresiasi Program Pamekasan Bershalawat
Ra Maltuful Anam, Ketua MDS Rijalul Ansor Kabupaten Pamekasan. (Foto: NU Online/Hairul Anam)
Ra Maltuful Anam, Ketua MDS Rijalul Ansor Kabupaten Pamekasan. (Foto: NU Online/Hairul Anam)

Pamekasan, NU Online

Program Pamekasan Bershalawat sebentar lagi akan diluncurkan. Inisiatif Pemerintah Kabupaten Pamekasan untuk membangun masyarakat yang regilius ini mendapatkan apresiasi dari Ketua Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Ra Maltuful Anam.

 

Dosen STAIMU Pesantren Panyeppen, Palengaan, Kabupaten Pamekasan, ini menilai program tersebut merupakan terobosan baru yang patut mendapat apresiasi. Sebab, tidak pernah membayangkan sebelumnya di setiap desa yang berada di Pamekasan akan serentak bershalawat setiap satu bulan satu sekali.

 

“Ini program yang sangat luar biasa. Belum saya temukan di kabupaten-kabupaten lain. Sungguh program yang wajib diapresiasi,” tegas Ra Maltuf, panggilan akrab Ra Maltuful Anam, saat ditemui di kantor Pimpinan Cabang GP Ansor Pamekasan, Jalan R Abd Aziz Nomor 95, Jungcangcang, Kecamatan/Kabupaten Pamekasan, Sabtu (22/2).

 

Diterangkan, program Pamekasan Bershalawat sangat selaras dengan program kerja MDS Rijalul Ansor yang sudah berjalan secara massif hingga pedesaan selama ini.

 

"Di antara program MDS Rijalul Ansor Pamekasan yang telah berjalan adalah shalawat dan pengajian di masing-masing pimpinan anak cabang (PAC), maka para pemuda yang aktif di MDS Rijalul Ansor di masing-masing PAC bisa langsung mem-backup dengan melakukan koordinasi di tingkat kecamatan dan desa bersama MWC dan Ranting NU," paparnya.

 

Untuk hal itu, tambah Ra Maltuf, MDS Rijalul Ansor siap mengawal dan mendampingi desa dalam melaksanakan dan mensukseskan program Pamekasan Bershalawat sampai menjadi program rutin sepanjang masa.

 

"Tentu itu dukungan konkret," paparnya.

 

Dukungan tersebut, tambahnya, tidak terlepas dari status MDS Rijalul Ansor yang merupakan salah satu badan semi otonom GP Ansor yang konsentrasi dalam dakwah kepemudaan melalui ngaji, zikir dan shalawat dengan cara mengajak, membimbing dan mengarahkan para pemuda agar terhindar dari hal-hal yang negatif dalam perspektif agama, sosial, dan budaya.

 

"Oleh karena itu, program pemerintah ini perlu didukung dan disukseskan," kata Ra Maltuf.

 

Sebagai pimpinan MDS Rijalul Ansor, pihaknya berpesan dengan program Pamekasan Shalawat, Kabupaten Pamekasan diharapkan bisa menjadi kabupaten yang ramah, jauh dari amarah dengan meniru sifat Nabi Muhammad SAW.

 

"Sehingga harapan menjadi Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghafur bisa tercapai dan benar-benar menjadi Kabupaten yang hebat," tegasnya.

 

Ke depan, kata Ra Maltuf, program Pamekasan Bershalawat diharapkan bisa diperkuat melalui regulasi seperti peraturan bupati (perbup) atau peraturan daerah (perda), bukan hanya sebatas Surat Edaran (SE).

 

"Agar bisa menjadi program rutin di masing-masing desa dan kecamatan. Bahkan, sampai tingkat kabupaten," tukasnya.

 

Kontributor: Hairul Anam

Editor: Aryudi AR



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×