Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Cerpen Daerah Ubudiyah Internasional Seni Budaya Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi Tafsir Hikmah Obituari Nikah/Keluarga Ramadhan Pustaka Humor

Menaker Bakal Orasi di Harlah Muslimat, Fatayat, dan IPPNU Demak

Menaker Bakal Orasi di Harlah Muslimat, Fatayat, dan IPPNU Demak
Menaker Ida Fauziyah (Foto: Iustrasi/Dok Kemnaker)
Menaker Ida Fauziyah (Foto: Iustrasi/Dok Kemnaker)
Demak, NU Online
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI Hj Ida Fauziyah akan menyampaikan Orasi Peringatan Hari Lahir (harlah) bersama tiga badan otonom NU yang mewadahi dan mengembangkan potensi nahdliyat dan hari ulang tahun (HUT) ke 517  Kabupaten Demak.
 
Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Demak Hj Sri Utaminingsih mengatakan, demi efisiensi dan efektifitas, Muslimat, Fatayat, dan IPPNU menyelenggarakan acara harlah bersama di Alun-alun Madjid Agung  Demak, Ahad (22/3) mendatang.
 
"Kader wanita NU yang berkhidmah di NU tanpa putus melalui wadah IPPNU, Fatayat, dan Muslimat, sekarang dipercaya presiden Jokowi menjadi Menteri Ketenagakerjaan Ibu Ida Fauziyah dijadwalkan akan menyampaikan orasi harlah bersama ini," kata Nyai Utami di Demak, Rabu (11/3).

Dijelaskan, tahun ini Muslimat memperingati ulang tahun ke 74, Fatayat ke-70, dan IPPNU ke-65. Kebetulan pada bulan Maret ini Demak memasuki usia ke 517, karena itulah disepakati untuk menyelenggarakan tasyakuran memperingati masing-masing hari lahirnya bersama-sama.
 
"Untuk memeriahkan hajatan bersama ini, telah disiapkan rangkaian acara dalam resepsi harlah bareng pada tanggal 22 Maret bertepatan dengan tanggal 27 Rajab yang acaranya akan dimulai pukul 08.00 berupa Khatmil Qur'an 30 juz yang dilakukan serentak oleh 1.111 hafidzah," tegasnya.
 
Mereka yang akan mengisi lanjutnya, warga NU, aktivis IPPNU, Fatayat dan Muslimat NU Demak akan mengawali acara harlah ini. Para hafidzah Al-Qur'an itu berasal dari berbagai daerah atau kecamatan di Demak yang dikoordinir pimpinan  Ancab Muslimat, Fatayat, dan IPPNU.
 
"Usai khatmil Qur'an dilanjutkan dengan pembacaan asyraqal, manaqib, istighotsah, dan shalawatan," paprnya. 
 
Disampaikan, di antara shalawat yang akan dibaca itu adalah sholawat thariqiyah.
"Dengan membaca rangkaian doa dan shalawat itu diharapkan Allah SWT memberikan keselamatan dan bangsa Indonesia dijauhkan dari ancaman virus Corona," ujarnya.
 
Momentum resepsi harlah ini juga dimanfaatkan oleh PC Muslimat NU  Demak untuk menggelar acara pelantikan serentak Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat se-Kabupaten Demak.
 
Kemudian tuturnya, dilanjutkan dengan peluncuran program 'Wakaf Darul Hadlonah' (Daha). Program ini disiapkan untuk mendukung pengembangan panti asuhan Darul Hadlonah, lembaga sosial yang dikelola Muslimat NU di Demak di bawah Yayasan Kesejahteraan Muslimat (YKM) NU.
 
"Di akhir acara Ketua Jaringan Pengasuh Pesantren Putri dan Mubalighah (JP3M),  Nyai Hanik Maftuhah Afif akan menyampaikan mauidhah hasanah dalam harlah bersama ini," pungkasnya.
 
Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×