Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Peduli Bencana, Ansor Jombang Serahkan Bantuan dan Sapa Warga Terdampak

Peduli Bencana, Ansor Jombang Serahkan Bantuan dan Sapa Warga Terdampak
Pengurus Ansor Jombang memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Bareng, Jombang. (Foto: Istimewa)
Pengurus Ansor Jombang memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Bareng, Jombang. (Foto: Istimewa)
Jombang, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Jombang, Jawa Timur beserta beberapa pengurus Ansor di tingkat kecamatan memberikan bantuan sosial kepada para warga terdampak banjir di Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Jombang, Kamis (4/2).
 
Bantuan tersebut terdiri dari alat kebersihan, beras, mie instan, telur, minyak goreng, pakaian layak, mukena, sarung, dan masker medis.
 
Ketua PC GP Ansor Jombang, H Zulfikar Damam Ikhwanto mengungkapkan, semua bantuan itu bukan berasal dari dirinya secara pribadi, melainkan dari kepedulian semua kader Ansor di Kabupaten Jombang.
 
"Alhamdulillah dalam tempo kurang dari 24 Jam, semua kader Ansor dapat terkumpul bantuan yang luar biasa banyak," paparnya.
 
Di lokasi, pria yang akrab disapa Gus Antok ini menyerahkan bantuan tersebut kepada Ketua Ranting NU Desa Banjaragung, Khoir di posko bencana Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Bareng di halaman Yayasan Al Ihsan belakang balai Desa Banjaragung, Bareng.
 
Selain menyerahkan bantuan, dalam kesempatan ini pula rombongan didampingi ketua ranting NU Banjaragung meninjau lokasi bencana dan menyapa warga yang terdampak. Dalam kesempatan berdialog dengan warga, Gus Antok menyampaikan harapannya agar warga dapat bersabar atas musibah yang terjadi sebab di balik cobaan akan selalu ada hikmah tersembunyi.
 
Pihaknya juga mengajak masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana alam agar meningkatkan kewaspadaan guna mengurangi risiko kebencanaan.
 
Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) diprakirakan puncak musim hujan terjadi pada Januari dan Februari 2021 sehingga berpeluang menimbulkan banjir dan longsor.
 
"Kami telah menyampaikan surat imbauan untuk kewaspadaan kepada Pimpinan Anak Cabang dan ranting di seluruh kecamatan, desa, dan kelurahan di Kabupaten Jombang yang rawan bencana alam agar meningkatkan kesiapsiagaan," tuturnya.
 
Dalam acara penyaluran bantuan kemanusiaan tersebut, selain pengurus harian PC GP Ansor Jombang, Youtuber Cak Ukil, perwakilan Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama (SMKNU) Jogoroto, turut hadir pula perwakilan ketua dan pengurus dari enam PAC GP Ansor, seperti PAC Tembelang, Mojowarno, Bareng, Jogoroto, Perak, dan Diwek. 
 
Kontributor: Hafis Muaddab
Editor: Syamsul Arifin


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×