Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pelajar NU di Tulungagung Rayakan Kelulusan dengan Bagi Sembako

Pelajar NU di Tulungagung Rayakan Kelulusan dengan Bagi Sembako
Paket Sembako dari PKPP IPNU-IPPNU Miftahul Ulum, Karangrejo, Tulungagung. (Foto: NU Online/Puspita Hanum)
Paket Sembako dari PKPP IPNU-IPPNU Miftahul Ulum, Karangrejo, Tulungagung. (Foto: NU Online/Puspita Hanum)
Tulungagung, NU Online
Banyak cara positif yang bisa dilakukan dalam rangka merayakan kelulusan. Bukan dengan hura-hura atau kegiatan negatif lainnya. Yang dilakukan pelajar santri ini layak ditiru di tempat lain.
 
‘Gerakan Santri Peduli Jabalsari’ merupakan salah satu wujud syukur atas kelulusan para pengurus Pimpinan Komisariat Pondok Pesantren (PKPP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU IPPNU) Miftahul Ulum, Karangrejo, Tulungagung, Jawa Timur. Mereka merupakan pelajar yang duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
 
"Kami memilih Desa Jabalsari karena desa tersebut baru saja menjalani karantina wilayah untuk mencegah persebaran Covid-19, sehingga ekonomi warga setempat belum stabil," kata Pungki, Kamis (7/5).
 
Ketua PKPP IPNU Miftahul Ulum ini menjelaskan bahwa mengumpulkan donasi dari para santri tidak mudah. Mengingat, mereka saat ini masih ada di pesantren dan harus menghemat bekal. Belum lagi, kegiatan pesantren yang padat di bulan Ramadhan merupakan tantangan bagi PKPP IPNU IPPNU Miftahul Ulum untuk bisa melaksanakan gerakan dengan efektif.
 
"Di luar dugaan, para santri Miftahul Ulum sangat antusias mengikuti gerakan ini. Mereka rela menyisihkan sedikit bekal yang ada untuk berdonasi," ungkap Pungki.
 
Terbukti PKPP IPNU IPPNU Miftahul Ulum berhasil mengumpulkan sepuluh kardus Sembako. Isinya adalah beras, telur, mi instan,  gula, dan minyak goreng.
 
Sembako tersebut akan diberikan kepada warga di Desa Jabalsari melalui Tim Gugus Satgas Covid-19 Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumbergempol karena tidak semua orang bisa keluar masuk Desa Jabalsari.
 
Penyerahan bantuan tersebut didampingi oleh Ketua Pengurus Cabang (PC) IPNU Kabupaten Tulungagung, Mauludin Qoironi dan diterima oleh Chabib Hidayatullah sebagai perwakilan dari Tim Gugus Satgas Covid-19 PAC GP Ansor Sumbergempol.
Chabib mengapresiasi gerakan santri peduli Jabalsari. Dia memastikan bantuan tersebut akan langsung didistribusikan kepada warga setempat.
 
"Berapa pun jumlahnya, pasti sangat membantu warga. Apalagi bantuan sembakonya dari para santri pasti banyak berkahnya untuk warga Desa Jabalsari," terang Chabib.
 
Ketua PC IPNU Tulungagung mengapresiasi gerakan ini. Di tengah kesibukan santri di pesantren, PKPP IPNU IPPNU Miftahul Ulum mengadakan syukuran kelulusan dengan cara yang positif.
 
"Kegiatan ini bisa dicontoh oleh pelajar di daerah lain. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, ketimbang konvoi, lebih baik tasyakuran dengan berbagi sembako tentu sangat membantu warga yang terdampak Covid-19," tegas Mauludin Qoironi.
 
Salimah sebagai Ketua PKPP IPPNU Miftahul Ulum Karangrejo berharap bantuan bisa membantu meringankan beban warga Desa Jabalsari yang terdampak Covid-19.
 
"Meski jumlahnya tidak banyak, kami berharap bisa bermanfaat untuk warga setempat," tegas Salimah.
 
 
Kontributor: Puspita Hanum
Editor: Ibnu Nawawi


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×