Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Pesan Ulama Aceh Saat Terima Kunjungan Kepala Kemenag Bireuen

Pesan Ulama Aceh Saat Terima Kunjungan Kepala Kemenag Bireuen
Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bireuen, Aceh, Tgk Muhammad Amin (kanan) dan Tgk H Muhammad Amin (kiri). (Foto: Istimewa)
Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bireuen, Aceh, Tgk Muhammad Amin (kanan) dan Tgk H Muhammad Amin (kiri). (Foto: Istimewa)

Bireuen, NU Online
Pascapelantikan menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Bireuen, Aceh, Tgk Muhammad Amin (Abi Caleu) melakukan silaturahmi kepada Tgk H Muhammad Amin (Abu Tumin), ulama kharismatik Aceh, di kediamannya di Blang Blahdeh Bireuen.


“Alhamdulillah, silaturahmi dengan Abu Tumin Blang Blahdeh ini merupakan bagian tabarrukan dan meminta doa serta keberkahannya semoga amanah yang diemban mampu dilaksanakan dengan sempurna,” kata Abi Caleu kepada NU Online, Sabtu (28/5/2022).


Alumnus Dayah Al-Madinatuddiniyah Babussalam era 1990-an itu mengatakan bahwa Abu Tumin sangat bangga dan bahagia atas kepercayaan yang ia emban sebagai Kakankemenag Kabupaten Bireuen.


Beugout-geut ta jaga wilayah (mohon jaga kota Santri ini dengan sebaik-baiknya),” ungkapnya mengutip pesan Abu Tumin.


Pria yang pernah menjabat Wakil Ketua NU Kabupaten Pidie itu bersama jajaran melakukan kunjungan silaturrahmi (Saweu) kepada ulama kharismatik Aceh di Dayah setempat.


Pengasuh Dayah Darul Arafah Caleu Kabupaten Pidie ini mengatakan bahwa silaturahmi ini merupakan bentuk ta’dhim terhadap para ulama kharismatik Aceh khususnya wilayah kota santri Bireuen.


“Silaturahmi ini akan terus berlanjut bukan hanya dengan Abu Tumin juga Al-Mukarram Abu MUDI, Waled Nuruzzahri, Ayah Sop Jeunieb, Abon Cot Taroem dan beberapa ulama serta pimpinan dayah yang lain,” sambungnya.


Abi Caleu bersama rombongan bersilaturahmi ke kediaman Abu Tumin sesudah shalat Ashar. Abu Tumin meskipun dalam kondisi kurang sehat sangat berbahagia menerima kunjungan muridnya yang kini menjadi Kakankemenag Kabupaten Bireuen.
 

Menurut dia, program silaturrahmi ini untuk bertemu langsung dengan ulama kharismatik Aceh, sekaligus meminta doa dan petuah yang baik bagi lembaga.


“Banyak masukan dan arahan yang kami dapatkan. Semoga memberikan nilai positif bagi Kementerian Agama khususnya Kemenag Kabupaten Bireuen,” harapnya.


Informasi yang dihimpun NU Online, Tgk Muhammad Amin (Abi Caleu) dalam keseharian selain menjadi abdi pemerintah, juga aktif mengajar dan mengurus dayah yang didirikannya puluhan tahun silam di Caleu, Kecamatan Indrajaya.


Keaktifannya dalam seumeubeut (mengajar) sudah menjadi rutinitas baik di Dayah Darul Arafah Caleu maupun pengajian umum lainnya. Abi Caleu juga termasuk dalam pengurus Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Pidie, dosen Al-Hilal Sigli, dan sejumlah lembaga pendidikan lainnya.


Kontributor: Helmi Abu Bakar
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×