Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Potret Keramahan di Pondok Pesantren Kauman Lasem

Potret Keramahan di Pondok Pesantren Kauman Lasem
Salah satu sudut Pondok Pesantren Kauman Lasem, Rembang. (Foto: NU Online/Afina)
Salah satu sudut Pondok Pesantren Kauman Lasem, Rembang. (Foto: NU Online/Afina)

Kudus, NU Online

Pondok Pesantren Kauman Lasem, Rembang, Jawa Tengah menjunjung tinggi nilai-nilai ramah dan toleransi dengan ciri khas pendidikan multikultural. Hal itu disampaikan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Kauman Lasem, KH Zaim Ahmad.


“Seluruh lembaga kami mulai dari PAUD hingga MA dan juga pondok pesantren bercirikan keramahan. Ini sesuai karena kami berada di tengah-tengah kampung masyarakat Cina,” ungkap Gus Zaim, sapaan akrabnya kepada NU Online, Selasa (13/9/2022).


Wakil Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah itu menuturkan meskipun terletak di tengah-tengah kawasan pecinan namun kehidupan santri dapat membaur dengan masyarakat sekitar, baik etnis Jawa maupun Tionghoa.


“Santri terbiasa menyapa jika bertemu dengan masyarakat sekitar tanpa melihat latar belakang agama. Jika diberikan undangan dalam kegiatan yang diadakan masyarakat cina maka kita juga akan menghadirinya, termasuk ketika di antara mereka ada yang meninggal juga kita datang takziah untuk menghibur hati mereka,” terang Gus Zaim.


Gus Zaim menegaskan bahwa sikap toleransi yang ada dalam diri santri terus ditumbuhkan melalui qudwah hasanah. Artinya bahwa santri harus mendapatkan contoh yang baik salah satunya dari seorang kiai yang dianggapnya sebagai panutan.


“Jika mau mengajarkan sesuatu kepada santri maka kiai harus menjalankannya terlebih dahulu. Jadi tidak perlu banyak menyuruh, hanya karena santri melihat kiai melakukan sesuatu pasti nanti mereka juga akan meniru apa yang dilihatnya,” tandasnya.


Berdasarkan pengamatan NU Online, penanaman sikap toleransi yang ada di pondok pesantren Kauman Lasem terlihat saat hendak memasuki lingkungan pondok, karena di depan terdapat pos kamling yang di desain dengan bentuk klenteng berwarna merah lengkap dengan lampion di atasnya.


Termasuk juga di atap luar musholla tempat santri mengaji terlihat lampion yang tergantung di sana. Selain itu juga bangunan khas cina terpampang di ndalem kiai dengan aksen-aksen huruf kanji di pintu masuknya.


Kontributor: Afina Izzati

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×