Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

PTKN Gelar Kejuaraan Sepakbola Bermisi Aswaja

PTKN Gelar Kejuaraan Sepakbola Bermisi Aswaja
Rektor IAIN Jember, H Babun Suharto ‘mencoba’ kerataan lapangan stadion IAIN Jember yang akan menjadi tempat Kejuaraan Sepakbola Piala Menteri Agama 1 2019
Rektor IAIN Jember, H Babun Suharto ‘mencoba’ kerataan lapangan stadion IAIN Jember yang akan menjadi tempat Kejuaraan Sepakbola Piala Menteri Agama 1 2019

Jember, NU Online

Prestasi sepakbola di kalangan santri dan pelajar Islam tampaknya masih bisa bersaing. Hal ini dapat dilihat dari Liga Santri Nusantara (LSN) yang dihelat oleh Kemenpora bekerjasama dengan RMI (Rabithah Ma’ahid Islamiah). Dari pentas LSN itu ternyata lahir pesepakbola santri bertalenta. Sebagian banyak alumnus LSN melanjutkan karirnya Liga 1 dan Liga 2. Salah satunya adalah Muhammad Rafli Mursalim, yang saat ini bermain untuk skuat Mitra Kukar, salah satu klub papan atas Liga 2.

 

Kenyataan tersebut menginspirasi petinggi IAIN Jember untuk menggelar Kejuaraan Sepakbola Piala Menteri Agama 1 dari tanggal 21 hinga 28 November 2019. Kejuaraan yang dikhususkan bagi mahasiswa PTKN (Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri) itu diharapkan dapat melahirkan bibit-bibit pesepakbola yang andal dan berakhlaqul karimah. Inilah Kejuaraan Sepakbola Piala Menteri Agama yang pernah diselenggarakan selama 74 tahun Indonesia merdeka.

 

“Kami yakin anak-anak (mahasiswa IAIN) juga mempunyai bakat di banyak cabang olahraga, lebih-lebih sepakbola. Sebab sesungguhnya sepakbola itu adalah olahraga rakyat,” ujar Ketua Panitia Kejuaraan Sepakbola Piala Menteri Agama 1, Hefni Zein kepada NU Online di sela-sela sebuah acara di IAIN Jember, Sabtu (16/11).

 

Menurut alumnus Pondok Pesantren Annuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep, Madura itu, sejauh ini mahasiswa PTKN tidak mempunyai wadah untuk mengekspresikan kemampuan sepakbolanya secara resmi. Padahal, cukup banyak mahasiswa yang terampil dalam mengolah si kulit bundar itu.

 

“Nah kali ini IAIN Jember aka memelopori itu, dan mudah-mudahan ini terus bergulir di waktu-waktu mendatang,” jelasnya.

 

Yang menarik, katanya, kejuaraan sepakbola itu juga mempunyai misi pengokohan Ahlussunnah wal Jama'ah (Aswaja) di kalangan mahasiswa, khususnya atlet sepakbola. Salah satu sarananya adalah lantunan lagu ya ahlal wathan sebelum pertandingan dimulai. Lagu ciptaan KH Wahab Chasbullah ini akan selalu menggema di lapangan sebelum kick off dimulai.

 

“Biar beda dengan kejuaraan sepakbola antar mahasiswa yang lain,” tukasnya.

 

Kejuaraan Sepakbola Piala Menteri Agama 1 yang dipusatkan stadion IAIN Jember ini diikuti oleh 16 tim pilihan dari seluruh PTKN. Menurut rencana, Menteri Agama RI, Fachrul Razi akan melakukan tendangan pertama pada tanggal 21 November 2019, yang sekaligus menandai digebernya kejuaraan tersebut.

 

Pewarta: Aryudi AR

Editor: Ibnu Nawawi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×