Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Puluhan Warga Kalirejo Lampung Tengah Dapat Modal Induk Ayam Super dari UPZISNU

Puluhan Warga Kalirejo Lampung Tengah Dapat Modal Induk Ayam Super dari UPZISNU
Puluhan Warga Kalirejo Lampung Tengah Dapat Modal Induk Ayam Super dari UPZISNU. (Foto: dok LAZISNU)
Puluhan Warga Kalirejo Lampung Tengah Dapat Modal Induk Ayam Super dari UPZISNU. (Foto: dok LAZISNU)

Lampung Tengah, NU Online
Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Lampung Tengah menunjuk Unit Pengelola Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZINU) Kecamatan Kalirejo sebagai UPZISNU percontohan program Kotak Infak (Koin) NU. Salah satu pemanfaatan dari Koin NU Kalirejo adalah pentasyarufan program jangka menengah berupa pemberian indukan ayam.


"Diberikan kepada 40 Kepala Keluarga. Induk ayam yang diberikan jenis ayam babon atau super. Dengan keterbatasan tapi tidak menghalangi untuk berbuat," kata Ketua LAZISNU Lampung Tengah, Ustadz Alie Fadhilah Musthofa, Jumat (16/9/2022).


Ustadz Alie mengatakan program tersebut sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat. “Walaupun mungkin kecil bentuknya tapi diharapkan dengan indukan ayam yang diberikan bisa berkembang biak menjadi banyak. Lalu setelah berkembang biak, bisa untuk konsumsi sendiri atau mungkin dijual,” bebernya.


Ustadz Alie Fadhilah menjelaskan LAZISNU Lampung Tengah baru diberi SK pada tanggal 17 Juli 2022. Meski baru awal melangkah, Alie bersyukur sudah ada beberapa program yang secara bertahap bisa dijalankan. Salah satunya adalah program Koin NU.


“Untuk mengawali program ini kami sudah studi banding ke LAZISNU Kabupaten Pringsewu yang sudah berhasil dalam pengelolaan program Koin NU. Studi banding diadakan pada tanggal 15 Agustus 2022,” kata pria yang juga masuk jajaran pengasuh Pondok Pesantren Sunan Ampel, Totokaton, Punggur.


“Selain itu kami juga sudah menunjuk dua UPZISNU di tingkat kecamatan untuk menjadi UPZISNU percontohan program Koin NU, yaitu UPZISNU Kecamatan Kalirejo dan UPZISNU Kecamatan Seputih Agung,” ungkapnya.


Selain pemberian modal indukan ayam super, juga dilakukan pemberian tempat galon air minum untuk delapan masjid dan mushala di Kampung Kalisari.


“Ini adalah hasil program Koin NU yang dijalankan UPZISNU Kampung Kalisari dengan pengelolaan program jangka menengah oleh UPZISNU Kecamatan Kalirejo,” tambah Ustadz Alie.


Terkait dengan pemberian indukan ayam super, Agus Badru Musthofa, Ketua UPZISNU Kampung Kalisari menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan dan perhatian UPZISNU Kecamatan Kalirejo dalam membimbing dan mengarahkan program-program UPZISNU, sehingga berjalan efektif dan efisien.


Senada, Ketua UPZISNU Kecamatan Kalirejo Ibnu Malik mohon doa restu agar UPZISNU Kalirejo lebih optimal dalam pengelolaan Koin NU dan program-programnya.


“Secara organisasi UPZISNU Kalirejo siap menyukseskan program-program LAZISNU Kabupaten Lampung Tengah,” kata Ibnu Malik.


Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×