Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ragam Kegiatan PCNU Lombok Barat Sambut Idul Adha 1443 Hijriah

Ragam Kegiatan PCNU Lombok Barat Sambut Idul Adha 1443 Hijriah
Salah satu kegiatan menjelang Idul Adha 1443 Hijriah oleh PCNU Lombok Barat, NTB. (Foto: Achief)
Salah satu kegiatan menjelang Idul Adha 1443 Hijriah oleh PCNU Lombok Barat, NTB. (Foto: Achief)

Lombok Barat, NU Online

Beragam kegiatan di gelar oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lombok Barat guna menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H. 


Kegiatan tersebut dilaksanakan langsung oleh Majelis Wakil Cabang, Badan Otonom dan Lembaga di bawah naungannya. Di antaranya pelantikan Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Kuripan, peluncuran Desa Inklusi yang diinisiasi oleh Ketua MWCNU Kecamatan Gerung.


Kemudian koordinasi pemetaan MWCNU Kecamatan Lingsar, pemberian sembako kepada warga disabilitas oleh NU Care-LAZISNU Nusa Tenggara Barat bersama NU Care-LAZISNU Lombok Barat.


Selanjutnya, kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) oleh Pengurus Cabang IPNU dan IPPNU, rapat persiapan Pleno Rais Syuriyah, pelatihan jurnalistik oleh Lakpesdam, persiapan pelantikan MWCNU Kecamatan Sekotong dan persiapan pelantikan pengurus baru NU Care-LAZISNU Lombok Barat.


Pelantikan MWCNU Kecamatan Kuripan berlangsung di Yayasan Tarbiyatusshibyan Ila Darissalam Dusun Beremi Desa Jagaraga Kecamatan Kuripan pada Sabtu (25/6/2022). Pengukuhan itu dipimpin oleh Sekretaris PCNU, H. Ahmad Ali Maksum. Mereka yang dilantik pada hari itu, Ust. Ghafuruddin sebagai Rais Syuriyah, Ust. Sibawaih selaku Katib Syuriyah, Ustadz Sahibuddin sebagai Ketua Tanfidziyah, dan Marhumi menjabat Sekretaris serta Suhaimi, selaku Bendahara.


Di tempat terpisah Pengurus MWCNU Kecamatan Gerung dengan mengandeng Pemerintah Desa Taman Ayu, Lakpesdam PWNU NTB, NU Care-LAZISNU NTB dan Lombok Barat, Rayon IKSASS Lombok Barat, Remaja Masjid Gunung Malang, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat meluncurkan Desa Inklusi pada Kamis (30/6/2022). Kegiatan ini bertempat di Dusun Gunung Malang Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung.


Pada acara yang dibarengi dengan pemberian sembako kepada seluruh warga penyandang disabilitas se-Desa Taman Ayu oleh NU Care-LAZISNU tersebut dilanjutkan juga dengan peresmian rumah ibadah (masjid) akses dan ramah disabilitas yang diinisiasi oleh Lakpesdam NTB bertempat di Masjid Nurul Hidayah Dusun Gunung Malang Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung Lombok Barat.


"Ini menjadi satu-satunya desa yang pertama kali se-NTB yang meresmikan rumah ibadah yang dapat diakses dan ramah bagi disabilitas," kata M. Tajudin, Ketua MWCNU Kecamatan Gerung.


Ketua Lakpesdam PWNU NTB, Jayadi berharap kegiatan itu bisa dicontoh oleh desa-desa lain, juga oleh masjid-masjid lainnya. Karena penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama dalam menggunakan fasilitas yang ada di tempat ibadah. "Mereka tentu sangat ingin beribadah seperti layaknya manusia normal," sambungnya.


Lebih lanjut, Jayadi mengatakan bahwa Lakpesdam PWNU NTB terus mengawal dan menjalankan amanat hasil Munas dan Konbes Nahdlatul Ulama di Nusa Tenggara Barat tahun 2017 lalu dengan mendorong perlindungan dan pemenuhan hak keagamaan para penyandang disabilitas di Nusa Tenggara Barat. Salah satunya adalah bersama Pemerintah Desa Taman Ayu mendorong lahirnya kebijakan desa inklusi yang menjadi sarana memberikan perlindungan, pemenuhan hak hingga pemberdayaan penyandang disabilitas yang dimulai dari desa.


Beberapa hari sebelumnya yakni pada 17-19 Juni 2022) Pengurus Cabang Ikatan Pelajar Putra Nahdlatul Ulama (PC IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) mengadakan kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta I) untuk Pengurus Cabang Kecamatan Gunungsari di Pondok Pesantren Darussalam Al-Falah Dusun Bukit Tinggi Desa Bukit Tingga Kecamatan Gunung Sari.


Sedangkan pada Jumat-Ahad (1-3/7/2022) Makesta I diadakan oleh Pengurus Anak Cabang Kecamatan Lembar di Pondok Pesantren Al-Azimiyah Dusun Puyahan Desa Lembar Selatan Kecamatan Lembar. Pada awal Juni mengadakan hal serupa untuk Pengurus Anak Cabang Kecamatan Labuapi di Pondok Pesantren Asmima' Dusun Bajur Desa Bajur Kecamatan Labuapi. 


"Dari tiga kegiatan Makesta itu, kami berkoordinasi dengan Pengurus MWCNU setempat atas restu dari PCNU," kata Ketua PC IPNU Lombok Barat, Idham Khalid.


Sedangkan melalui Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) PCNU Lombok Barat menggelar Pelatihan Jurnalistik dan Pengenalan WEB kepada Pengurus Banom, Lembaga, MWC, Ranting se-Lombok Barat pada Sabtu (2/6/202) yang bertempat di Aula Madrasah Aliyah Negeri 2 Lombok Barat di Gerung.


Dalam sambutannya, H. Nazar Naamy, Ketua PCNU Lombok Barat berharap dengan pelatihan jurnalistik bisa mencetak kader-kader NU yang mampu bersaing di media dalam membuat konten-konten positif guna membela NU dan NKRI. Karena menurutnya saat ini, dunia dihadapkan pada  jihad melalui media sosial. Sebagai bekal kader NU Lombok Barat untuk berdakwah di dunia maya.


"Sekarang jihad kita ada di ujung jari, bukan jihad senjata, bukan pula materi," katanya.


Sebagai pemateri pada pelatihan itu mulai dari unsur Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah NTB, Afifudin Adnan; dari TV9 Syahril Hakim, dan Kick News, Azwin.


Kontributor: Achief Ridho Inges
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×