Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Remaja ini Miliki Nama Panjang Sampai 7 Kata, Bagaimana Aturannya? 

Remaja ini Miliki Nama Panjang Sampai 7 Kata, Bagaimana Aturannya? 
Jingga terdaftar sebagai siswi salah satu MAN di Pringsewu, Lampung, yang memiliki nama cukup panjang. Nama lengkap Jingga adalah Jingga Ellyora Nailul Fauziah Aris Tobini Putri, inilah nama siswi yang jika dihitung memiliki 7
Jingga terdaftar sebagai siswi salah satu MAN di Pringsewu, Lampung, yang memiliki nama cukup panjang. Nama lengkap Jingga adalah Jingga Ellyora Nailul Fauziah Aris Tobini Putri, inilah nama siswi yang jika dihitung memiliki 7

Pringsewu, NU Online

Nama menjadi identitas penting bagi setiap orang. Saat memperkenalkan diri ataupun dikenalkan, nama akan menjadi identitas pertama untuk disebutkan. Termasuk dalam berbagai dokumen, nama juga menjadi informasi utama yang dicantumkan meski namanya cukup panjang. 


Nama juga memiliki kekhasan dan keunikan sendiri mulai dari bahasa yang digunakan sampai dengan panjang-pendeknya nama. Seperti nama salah satu siswi di MAN 1 Pringsewu yang memiliki nama cukup panjang. 


Jingga Ellyora Nailul Fauziah Aris Tobini Putri, inilah nama siswi yang jika dihitung memiliki 7 kata, 41 huruf, dan 47 karakter. Nama ini tidak seperti rata-rata jumlah kata pada nama orang yang biasanya hanya memiliki 2 atau 3 kata.


Ketika ditanya riwayat nama tersebut, siswi kelas X MIA 3 yang biasa dipanggil Jingga ini mengatakan bahwa nama tersebut sudah ia dapatkan dari sejak lahir. Nama tersebut jelasnya merupakan gabungan pemberian dari beberapa orang. 


"Jingga itu dari tante, Ellyora dari ibu, Nailul Fauziah dari pak ustadz, Aris nama bapak, Tobini nama kakek, dan Putri namaku," kata Jingga kepada NU Online, Rabu (27/7/2022). 


Terkait dengan makna namanya, Jingga menjelaskan bahwa orang tuanya menginginkan ia menjadi seperti warna jingga yang menyenangkan dan menjadi seorang putri yang beruntung. Untuk pencantuman namanya di dokumen seperti ijazah, ia menjelaskam nama tersebut dipendekkan menjadi Jingga Ellyora Nailul Fauziah ATP. 


Aturan Nama Dalam Dokumen Kependudukan

Terkait nama, Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri telah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama pada Dokumen Kependudukan. 


Dalam peraturan tersebut dimuat peraturan baru tentang pencatatan nama pada dokumen kependudukan. Nama yang tertulis harus sesuai prinsip norma agama, kesopanan, kesusilaan, dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 


Nama juga harus mudah dibaca, tidak bermakna negatif, dan tidak multitafsir. Jumlah huruf dalam nama juga tidak boleh di atas 60 karakter termasuk spasi. Nama juga diperbolehkan paling sedikit dua kata. 


Pencatatan nama pada dokumen kependudukan diatur sebagai pedoman bagi penduduk dan pejabat yang berwenang melakukan pencatatan untuk memudahkan pelayanan publik.


Pewarta: Muhammad Faizin

Editor: Alhafiz Kurniawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×