Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Sebentar Lagi IAIMNU Metro Lampung Berubah Menjadi Universitas

Sebentar Lagi IAIMNU Metro Lampung Berubah Menjadi Universitas
Visitasi perubahan Institut Agama Islam Ma'arif (IAIMNU) Metro menjadi Universitas Ma'arif Lampung (Umala) Jumat (25/11/2022). (Foto: istimewa)
Visitasi perubahan Institut Agama Islam Ma'arif (IAIMNU) Metro menjadi Universitas Ma'arif Lampung (Umala) Jumat (25/11/2022). (Foto: istimewa)

Metro, NU Online
Kabar gembira datang dari Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro, Lampung yang sebentar lagi akan berganti status menjadi universitas. Perguruan Tinggi NU favorit di Provinsi Lampung ini akan berubah nama menjadi Universitas Ma’arif Lampung (Umala). Hal ini merupakan upaya mewujdukan visi dan misi IAIMNU Metro dalam meningkatkan mutu pendidikan serta mutu sumber daya manusia. 


Perubahan status ini dilakukan melalui beberapa tahap. Di antaranya Visitasi Perubahan Bentuk Institut Agama Islam Ma'arif (IAIMNU) Metro Lampung menjadi Universitas Ma’arif Lampung (Umala). Visitasi dihadiri oleh Kasubdit Kelembagaan dan Kerja Sama Dirjen Kemenag RI Thobib Al Asyhar di Aula IAIMNU Metro.


Visitasi ini juga dihadiri secara virtual oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Muhammad Ali Ramdhani yang menyampaikan dukungannya dalam proses pergantian status ini. Sementara Ketua LP Ma’arif NU lampung yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan harapan besar pada IAIMNU Ma’arif.


"Visitasi perubahan bentuk Institut menjadi Universitas ini di harapkan menjadi awal tranformasi baru pendidikan Ma’arif NU, khususnya perguruan tinggi," katanya dikutip dari laman iaimnumetro.ac.id.


Sementara Wakil Rektor II Ahmad Muslimin kepada NU Online mengungkapkan bahwa saat ini IAIMNU Metro telah memiliki tiga Fakultas yakni Syariah, Ekonomi Islam, Fakultas Tarbiyah, dan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. "Kita juga memiliki jurusan Pascasarjana Prodi PAI dan Ekonomi Syariah," jelasnya, Jumat (25/11/2022).


Muslimin mengungkapkan bahwa saat ini semua persyaratan yang diperlukan untuk mewujudkan proses ini sudah dipenuhi. Di antaranya adalah jumlah  mahasiswa, status akreditasi, jumlah prodi, fasilitas termasuk luas tanah, dan sumber daya manusia seperti dosen dan tenaga administrasi serta karyawan.


Dengan perubahan status ini nantinya akselerasi perkembangan IAIMNU Ma’arif Metro akan lebih cepat dengan akses jaringan akan terbuka lebih luas. "Nantinya akan banyak fakultas dan jurusan serta prodi sehingga akan banyak pilihan disiplin ilmu," ungkapnya.


Dengan kondisi ideal ini, nantinya jumlah mahasiswa IAIMNU akan terus bertambah dan mampu memberi dampak positif bagi pembangunan SDM khususnya warga NU.

 

Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×