Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Semangat Ansor-Banser Kaimana Papua Teruskan Kaderisasi

Semangat Ansor-Banser Kaimana Papua Teruskan Kaderisasi
Diklat Terpadu Dasar Ansor-Banser Kaimana Papua bertujuan membentuk kader Ansor-Banser yang militan, memiliki ideologi yang kuat, beradab sekaligus memiliki dedikasi tinggi merawat dan menjaga Nusantara. (Foto: Nurul Huda)
Diklat Terpadu Dasar Ansor-Banser Kaimana Papua bertujuan membentuk kader Ansor-Banser yang militan, memiliki ideologi yang kuat, beradab sekaligus memiliki dedikasi tinggi merawat dan menjaga Nusantara. (Foto: Nurul Huda)

Kaimana, NU Online

Gerakan Pemuda Ansor-Banser Kabupaten Kaimana, Papua Barat yang belum lama terbentuk langsung menggenjot kaderisasi dengan melaksanakan agenda Diklat Terpadu Dasar. Acara tersebut berlangsung selama tiga hari, Rabu-Jumat, 9-11 Maret 2022 bertempat di SMP Yapis Kaimana, Papua Barat. Diklat Terpadu Dasar diikuti sebanyak 50 peserta baik putra maupun putri.

 

Ketua Panitia sekaligus Carteker Ansor Kaimana Papua Barat yang juga anggota Polres Kaimana, Inspektur Polisi Dua (Ipda) Lutfi Bafadal, merasa bangga dengan peserta yang terhitung banyak.

 

"Saya merasa bahagia sekaligus bersyukur karena pembentukan Ansor di Kaimana ini disambut dengan antusias. Peserta yang ikut Diklat ini terhitung banyak," kata pria yang juga Carteker Ansor Kaimana Papua Barat 

 

Ipda Lutfi mengatakan Diklat Terpadu Dasar ini bertujuan membentuk kader Ansor-Banser yang militan, memiliki ideologi yang kuat, beradab sekaligus memiliki dedikasi tinggi merawat dan menjaga Nusantara. " Khususnya bumi Kaimana agar tercipta kedamaian dan keharmonisan," ucapnya dalam sambutan pembukaan. 

 

Sementara itu, Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kaimana, Safar Furuada berharap mengatakan Ansor-Banser harus siap sedia meneruskan perjuangan dan cita-cita para ulama di tanah Papua. 

 

"Sahabat Ansor-Banser nantinya merupakan penerus perjuangan ulama. Tentunya, kami berharap Sahabat-sahabat Ansor Banser mampu meneruskan perjuangan dan cita-cita para ulama-ulama yang telah lebih dulu berjuang, khususnya di tanah Papua dan Indonesia pada umumnya, yang berlandaskan ajaran-ajaran Islam Ahlussunah wal Jamaah an-Nahdliyah," ungkapnya.

 

Sementara itu, Sekretaris Ansor Papua Barat dan juga selaku Instuktur DTD Abdul Salam, sangat berharap kader-kader Ansor-Banser setia terhadap NU dan tanah air.

 

"PKD dan Diklatsar merupakan jenjang kaderisasi Ansor Banser untuk memberikan bekal bagi para kader agar siap dalam berhidmat. Diklat kaderisasi ini juga menjadi harapan agar setiap kader Ansor-Banser semakin setia terhadap NU dan tanah air," katanya.

 

Acara DTD ini dibuka oleh Bupati Kaimana yang diwakili oleh Luther Rupombo selaku Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Kaimana. Dalam sambutannya, mewakili Bupati Kaimana, ia sangat berharap Ansor Banser ikut aktif dalam pembangunan di Kaimana.

 

"Saya mewakili Bupati, menyampaikan pesan, besar harapan kader-kader Ansor-Banser Kabupaten Kaimana ikut berperan aktif dalam pembangunan di Kaimana ini, agar terwujud kemajuan, keadilan dan kesejahteraan di Bumi Senja Kaimana tercinta," ucapnya.


Kontributor: Nurul Huda
Edior: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×