Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Semangat Nasionalisme di Tengah Pandemi Jangan Kendor

Semangat Nasionalisme di Tengah Pandemi Jangan Kendor
Ziarah makam pahlawan PC GP Ansor Kota Tegal, Jawa Tengah. (Foto: NU Online/Rifqi Nurul Hidayat)
Ziarah makam pahlawan PC GP Ansor Kota Tegal, Jawa Tengah. (Foto: NU Online/Rifqi Nurul Hidayat)

Tegal, NU Online
Penyebaran Covid-19 yang sampai saat ini belum kunjung berakhir tidak menyurutkan semangat nasionalisme dan patriotisme jajaran Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Tegal, Jawa Tengah memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI). 


Para pengurus memperingatinya dengan doa bersama di kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat. Kemudian dilanjutkan ziarah kepada beberapa pahlawan di Tegal, tepatnya di Taman Makam Pahlawan Purakusuma Negara. Meski sederhana, tetapi semua pengurus tampak khidmat. 


Ketua PC GP Ansor Kota Tegal, Sarwo Edi menyampaikan, semua rangkaian kegiatan dilakukan sesuai protokol kesehatan. Baginya, memperingati dan memeriahkan momentum kemerdekaan adalah keharusan sebagai wujud penghormatan Ansor kepada para pahlawan kemerdekaan di masanya.


"Memperingati HUT kemerdekaan itu keharusan untuk kita semua. Pun demikian mematuhi protokol kesehatan saat ini. Jadi dua-duanya kita lakukan, dan berjalan dengan baik," ujarnya, Selasa (18/8). 


Dipilihnya kegiatan doa bersama dan ziarah makam pahlawan menurutnya di samping tidak perlu melibatkan massa banyak, juga paling efektif dan mengena di momentum HUT kemerdekaan di tengah pandemi seperti ini. 

Ia percaya bahwa dengan doa dan rida tuhan tidak ada yang tidak mungkin. Termasuk pandemi ini bisa saja segera berakhir atas kehendak Allah melalui doa para makhlukNya (manusia) yang diterima. Pun para pahlawan kemerdekaan Indonesia mendapat tempat spesial di sisiNya karena berkah doa.


"Kita berdoa kepada Allah SWT, Tuhan yang maha esa agar bangsa Indonesia tetap aman dan sejuk terkhusus Kota Tegal. Walaupun dalam suasana pandemi Covid-19 kita masih bisa memanjatkan doa agar bangsa Indonesia dibebaskan dari musibah Covid-19," ucapnya.


Yang paling penting menurutnya semangat nasionalisme bangsa saat ini tidak boleh kendor meski diterpa ujian sebesar apapun. Terlebih kalangan NU yang getol menyuarakan semangat nasionalisme harus terus dilakukan melalui kegiatan-kegiatan positif dan menginspirasi khalayak luas untuk meningkatkan kecintaanya terhadap tanah air.


"Doa dan ziarah makam pahlawan ini sekaligus sebagai perantara kita agar kita semua diberi kekuatan melanjutkan semangat nasionalisme para pendahulu," pungkasnya.


Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan PCNU Kota Tegal, Hasan Mustofa Kamal, jajaran PC Fatayat NU, dan jajaran PC Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kota Tegal.


Kontributor: Rifqi Nurul Hidayat
Editor: Syamsul Arifin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×