Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Senangnya Sri Umami Warga Tembalang, Semarang Dapat Bantuan dari Muslimat 

Senangnya Sri Umami Warga Tembalang, Semarang Dapat Bantuan dari Muslimat 
Sri Utami (tengah) terima bantuan dari Muslimat NU (Foto: NU Online/Rifqi Hidayat)
Sri Utami (tengah) terima bantuan dari Muslimat NU (Foto: NU Online/Rifqi Hidayat)
Semarang, NU Online
Sri Umami (66) warga Jalan Gayam Sari Selatan RT 01 RW 03 Kelurahan Sendangguwo tampak senang menerima kunjungan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Tembalang, Kecamatan Tembalang Kota Semarang, Jawa Tengah.
 
"Matur nuwun sanget, Muslimat NU kerso rawuh, perhatian kader NU yang sedang sakit dan tak berdaya, dari dulu Muslimat selalu perhatian dengan kaum duafa, dan semoga Muslimat NU jaya selamanya, berkhidmah untuk agama, nusa dan bangsa," kata Sri, Rabu (15/4).
 
Meski sudah tidak aktif di NU, ia mengaku senang dan bersyukur karena masih bisa bertemu namun dalam kondisi yang tidak sesuai harapan. "Tetap aktif dan menghidupkan organisasi kita, Insyaallah berkah," pesannya.
 
Sri Umami yang lahir pada tahun 1954 merupakan salah satu pengurus PAC Muslimat NU Kecamatan Tembalang pada periode lalu. Ia terpaksa harus berhenti berkhidmat karena mengalami stroke. Ia yang selama 25 tahun mengabdi bersama Muslimat NU kini hanya bisa duduk di rumah saja, saat beberapa aktivis perempuan NU berkunjung.
 
Suaminya yang dulu bekerja sebagai buruh bangunan sudah lama tiada, sementara 2 anak perempuannya hidup bersama suami mereka yang juga dalam keadaan pas pasan. Saat ini, Sri tinggal bersama 3 anak laki-lakinya yang belum menikah.

"Ia ini di Ancab Tembalang periodenya bu Kadarwati, lkut mulai ada Muslimat di ranting Sendangguwo," kata Ketua PAC Muslimat NU Kecamatan Tembalang  Hj Shofiyah Masri.
 
Shofiah memahami kondisi yang terjadi pada Sri Umami. Oleh karena itu dirinya hendak membuat program sosial pemberian tali asih secara temporer pada aktivis muslimat yang seperti Sri Umami. 
 
"Nanti coba kita programkan setahun 3 kali, misalnya dalam bentuk parsel lebaran, parsel menjelang tahun baru islam, parsel hari ibu atau harlah Muslimat," tuturnya.
 
Kepada Sri, ia meminta untuk bersabar dan ikhlas menerima ujian Allah SWT. Tak lupa ia berpesan pada keluarga Sri untuk mengikuti imbauan pemerintah, ​  mengenakan masker dan jaga jarak saat berinteraksi dengan masyarakat serta menghindari kerumunan massa di masa pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19.
 
Sekretaris PAC Muslimat NU Kecamatan Tembalang Dwi Supratiwi menegaskan, bakti sosial sengaja menyasar segmen orang-orang yang dinilai berjasa pada NU, seperti penjaga masjid NU, penjaga sekolahan NU, dan sebagainya. 
 
"Tentu kita perhatikan di lingkungan kita sendiri dulu, baru merambah yang lain," kata Tiwi, sapaanya.
 
Tiwi yang dulu menjadi Ketua Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Semarang menjelaskan, bakti sosial PAC Muslimat NU Kecamatan Tembalang dalam upaya pencegahan Covid-19 berupa pemberian paket sembako pada warga NU terdampak Covid-19, penyemprotan cairan disinfektan di TK Nuriyah, Masjid Al-Ishlah Sendangguwo, dan Masjid Nurul Huda Kedungwinong Bulusan.
 
"Bantuan langsung kita antarkan, selain lebih jelas kondisi keluarga penerima manfaat juga agar tidak berkerumun saat pembagian paket sembakonya," pungkasnya.
 
Kontributor: Ahmad Rifqi Hidayat
Editor: Abdul Muiz


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×