Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Humor: Mayoran dari Mbah Bisri Musthofa

Humor: Mayoran dari Mbah Bisri Musthofa
Silaturahim PBNU dengan PWNU dan PCNU se-Jawa Tengah di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, Kamis (29/9/2022). (Foto: IG @nahdlatululama)
Silaturahim PBNU dengan PWNU dan PCNU se-Jawa Tengah di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, Kamis (29/9/2022). (Foto: IG @nahdlatululama)

KH Mustofa Bisri (Gus Mus) mengisahkan cerita menggelitik saat ayahnya, KH Bisri Musthofa, ‘memaksa’ para kiai untuk hadir pada acara yang digelar di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jawa Tengah.


Suatu saat KH Bisri Musthofa (Mbah Bisri) mengundang para kiai di Rembang untuk hadir ke kediamannya. Di antara yang diundang adalah Kiai Zubair Sarang, Kiai Baidlowi Lasem, Kiai Ma’shum Lasem, Kiai Hafidz Rembang, dan banyak kiai-kiai berpengaruh lainnya.


Ketika mengutus santri untuk menemui para kiai-kiai tersebut, Mbah Bisri berpesan agar si santri menyampaikan kepada para kiai bahwa agenda undangan tersebut adalah agenda penting sekali.


“Jadi mereka datang semua, kiai-kiai itu. Karena acara penting,” ungkap Gus Mus pada Silaturahim PBNU dengan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jawa Tengah di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jawa Tengah, Kamis (29/9/2022).


Setelah para kiai yang diundang datang semua, Mbah Bisri pun telah menyediakan mayoran (makan besar) untuk dinikmati bersama-sama para kiai dan juga para jamaah.


Habis makan-makan, para kiai bertanya kepada Mbah Bisri tentang agenda penting apa yang akan dibahas pada pertemuan tersebut. “Yang penting? (dari pertemuan ini) itu apa?” tanya Kiai Ma’shum Lasem kepada Mbah Bisri.


“Lho, silaturahmi apa kurang penting, kiai,” jawab Mbah Bisri. (Muhammad Faizin)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Humor Lainnya

Terpopuler Humor

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×