Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Dilantik, Pagar Nusa Korea Selatan Semai Diplomasi Islam Nusantara

Dilantik, Pagar Nusa Korea Selatan Semai Diplomasi Islam Nusantara
Pelantikan Pagar Nusa Korea Selatan. (Foto: dok. Pagar Nusa)
Pelantikan Pagar Nusa Korea Selatan. (Foto: dok. Pagar Nusa)

Jakarta, NU Online

Pimpinan Cabang Istimewa (PCI) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Korea Selatan resmi dilantik di Sekretariat Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Korea Selatan, Incheon, Korea Selatan, pada Selasa (28/06/2022).


Melihat hal tersebut, Ketua Umum Pimpinan Pusat PSNU Pagar Nusa Muchamad Nabil Haroen menyebutnya sebagai bagian dari diplomasi Islam Nusantara.


"Pagar Nusa Korea Selatan bisa menjadi jembatan untuk dakwah Islam Nusantara dan diplomasi perdamaian, melalui seni, agama dan budaya, khususnya melalui pencak silat," ujarnya pada Selasa (28/6/2022).


Selama ini, lanjut Nabil, para pendekar PSNU Pagar Nusa telah terbukti menjadi benteng pesantren dan Indonesia. "Nah, di luar negeri, Pagar Nusa harus mendukung peran PCINU di masing-masing negara, sebagai garda depan dakwah Islam Nusantara," jelasnya.


Karenanya, Gus Nabil juga mengatakan, bahwa Pagar Nusa Korea Selatan harus bisa mengambil peran sebagai benteng dari diaspora Indonesia di negara berjuluk Negeri Ginseng itu.


Tidak hanya itu, PSNU Pagar Nusa juga harus menjadi rumah yang nyaman untuk menguatkan posisi Indonesia di negara beribukota Seoul tersebut. Tentunya, penguatan posisi ini dalam konteks diplomasi seni dan budaya mengingat pencak silat merupakan salah satu bagian dari kebudayaan Indonesia yang perlu dilestarikan dan dikenalkan kepada bangsa lain.


Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Gus Nabil itu menyampaikan bahwa PSNU Pagar Nusa juga menjadi bagian penting untuk diplomasi Indonesia melalui seni dan budaya, dalam hal ini Pencak Silat.


Sebab, Pencak silat Pagar Nusa, menurutnya, tidak sekadar bela diri, tapi juga seni sekaligus memiliki fondasi spiritual yang kokoh. "Jalur sanad dari para kiai pesantren dan tarekat yang diamalkan, merupakan kekuatan utama," katanya.


Di Korea Selatan, Pencak Silat Pagar Nusa bersama-sama dengan NU dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) bisa menjadi duta untuk diplomasi publik, melalui pencak silat. 


Pewarta: Syakir NF

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×