Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kini, Anak-anak Diizinkan Masuk Masjidil Haram dan Nabawi

Kini, Anak-anak Diizinkan Masuk Masjidil Haram dan Nabawi
Anak-anak memasuki masjidil Haram. (Foto: SPA)
Anak-anak memasuki masjidil Haram. (Foto: SPA)

Makkah, NU Online
Berita gembira datang dari kota Suci Makkah dan Madinah. Setelah hampir 30 bulan otoritas Masjidil Haram dan Masjid Nabawi melarang anak-anak masuk ke masjid suci umat Islam sedunia tersebut, saat ini mereka diizinkan ikut beribadah di dalamnya. Anak-anak umur 7 tahun sekarang boleh masuk dua masjid tersebut dengan syarat telah mendapatkan vaksinasi lengkap.


Kebijakan ini disampaikan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi melalui akun Twitter resminya. Kebijakan ini juga selaras dengan sudah dimulainya program vaksinasi untuk anak-anak mulai umur 5-11 tahun di Kerajaan Arab Saudi.


Berdasarkan data laporan harian yang diambil dari perizinan elektronik umrah, shalat, dan kunjungan, Kementerian Haji dan Umrah telah mengeluarkan 29,4 juta izin untuk memasuki Masjidil Haram dalam kurun waktu 7 bulan ini. Sementara lebih dari 3,7 juta izin dikeluarkan bagi para pengunjung untuk masuk ke Masjid Nabawi.


“Pada Kamis (24/2/2022) sebanyak 305,900 izin memasuki Masjidil Haram dikeluarkan dan lebih dari 27,300 izin dikeluarkan untuk jamaah yang akan memasuki Masjid Nabawi,” demikian keterangan Kementerian Haji dan Umrah dikutip dari Arabnews, Sabtu (26/2/2022).


Sementara pada hari yang sama, otoritas Masjid Nabawi telah mengeluarkan izin 11.060 jamaah untuk shalat di area Raudlah. Area ini memang menjadi destinasi favorit para jamaah karena memiliki keistimewaan dan berada di antara mimbar khutbah dan makam nabi Muhammad saw di dalam Masjid Nabawi. Sementara untuk kunjungan ziarah ke makam Nabi Muhammad, otoritas Masjid Nabawi telah mengeluarkan 16,249 izin.


Kementerian juga mengungkapkan bahwa jumlah pengunjung harian jamaah untuk melakukan shalat berada di angka 82,571 orang dan yang menjalankan umrah sekitar 64,300 orang. Untuk waktu kunjungan terpadat lebih terlihat pada waktu Ashar, maghrib, dan Isya dibanding shubuh dan dzuhur.


Kebanyakan jamaah umrah memilih untuk melaksanakan ibadah umrah pada malam hari. Mereka diberi izin waktu 3-4 jam untuk menyelesaikan rangkaian ibadah umrah di dalam Masjidil Haram. Namun berdasarkan data, mereka bisa menyelesaikannya hanya dalam waktu dua jam.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×