Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Raja Salman Sampaikan Belasungkawa-Doakan Korban Gempa Sulsel

Raja Salman Sampaikan Belasungkawa-Doakan Korban Gempa Sulsel
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis, telah menyampaikan belasungkawa kepada korban—baik yang meninggal maupun yang terluka- gempa di Sulawesi Barat beberapa waktu lalu. (TOMOHIRO OHSUMI/AFP/Getty Images)
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis, telah menyampaikan belasungkawa kepada korban—baik yang meninggal maupun yang terluka- gempa di Sulawesi Barat beberapa waktu lalu. (TOMOHIRO OHSUMI/AFP/Getty Images)

Riyadh, NU Online
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis, telah menyampaikan belasungkawa kepada korban—baik yang meninggal maupun yang terluka- gempa di Sulawesi Barat beberapa waktu lalu. Ucapan dukacita Raja Salman disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo Senin (18/1).


“Penjaga dua masjid suci (Raja Salman) menyampaikan belasungkawa yang terdalam dan simpati yang tulus kepada presiden, keluarga para korban, dan rakyat Indonesia,” kata Raja Salman, dikutip laman kantor berita Saudi, SPA. 


Raja Salman kemudian mendoakan para korban gempa Sulawesi Selatan. Ia berharap, Allah memberkahi jiwa korban gempa yang meninggal dan mereka yang terluka bisa lekas sembuh kembali. 


Sebagaimana diketahui, pada Kamis (14/1) lalu pukul 14.30 WITA terjadi gempa dengan kekuatan 6,2 magnitudo di wilayah Majene, Sulawesi Barat. Beberapa saat setelahnya, terjadi gempa susulan. Akibatnya, sejumlah warga di Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.   

  
Gempa juga membuat ratusan rumah dan kantor—termasuk kantor Gubernur Sulawesi Barat- rusak parah. Selain itu, ribuan orang mengungsi ke tempat aman. Hingga Selasa (19/1), berdasarkan pencatatan Basarnas, ada 88 orang meninggal akibat gempa Sulawesi Barat tersebut. Dengan rincian, 77 orang warga Mamuju dan 11 orang warga Majene. Sementara korban luka hingga Senin (18/1), korban luka akibat gempa mencapai 253 orang (189 warga Mamuju dan 64 warga Majene).


NU kirim relawan-sembako ke daerah terdampak


Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ikut berduka atas peristiwa gempa bumi yang mengguncang wilayah Sulawesi Barat. Sesaat setelah terjadi gempa, NU Peduli langsung bergerak ke lapangan. Pada Ahad (17/1) malam, PBNU mengirim relawan dan tim kesehatan ke daerah yang terdampak gempa. Mereka menggelar layanan kesehatan gratis. 


Pada hari yang sama, NU Peduli Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara mengirimkan bantuan berupa ratusan paket sembako ke daerah terdampak gempa di Sulawesi Barat. Posko pengungsian di Kabupaten Majene menjadi penerima pertama bantuan dari NU Peduli Kabupaten Konawe. 


Ketua NU Care-LAZISNU Kabupaten Konawe Muhammad Agus mengatakan, pihaknya telah mengirim dua orang relawan inti untuk mendistribusikan bantuan yang telah digalang sesaat setelah terjadinya gempa tektonik di Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Sulbar.


Pewarta: Muchlishon
Editor: Fathoni Ahmad
 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×