Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Terpilih, Nazihah Jadi Perempuan Pertama sebagai Ketua PCINU Turki

Terpilih, Nazihah Jadi Perempuan Pertama sebagai Ketua PCINU Turki
Nazihah terpilih sebagai perempuan pertama yang menjadi Ketua PCINU Turki 2022-2024. (Foto: istimewa)
Nazihah terpilih sebagai perempuan pertama yang menjadi Ketua PCINU Turki 2022-2024. (Foto: istimewa)

Istanbul, NU Online 

Konferensi Cabang (Konfercab) VI Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Turki memilih Nazihah sebagai Ketua Tanfidizyah masa khidmah 2022-2024. Ia merupakan perempuan pertama yang terpilih menjadi Ketua PCINU Turki.


Di kepalanya, tak ada pikiran sama sekali untuk menjadi Ketua PCINU Turki. Namun, hal tersebut merupakan amanah yang harus ia emban sepenuh hati dengan berharap keberkahan dari para ulama NU.


“Ini amanah para alim di ahwa, jadi aku terima. Insyaallah dengan keberkahannya beliau-beliau dan para ulama NU, aku dengan bantuan teman-teman pengurus bisa menguatkan Islam aswaja dan rahmatal lil alamin di negeri dengan tapak sejarah Osmani dengan peradaban Islamnya yang kuat,” katanya pada Kamis (1/9/2022).


Sementara itu, Rais Syuriyah PCINU Turki 2020-2022 Ahmad Munji menyebut bahwa keterpilihan Nazihah membawa wajah baru bagi PCINU Turki mengingat ia merupakan perempuan pertama yang memimpin NU di Tanah Osmani ini.


“Wajah baru NU, ketua tanfidziyah perempuan pertama dalam sejarah berdirinya PCINU Turki. Semoga bisa menjadi penyambung tangan cita-cita luhur pendiri NU serta insyaallah mampu membuat perubahan dan kemajuan dalam tubuh PCINU Turki khususnya dan ummat islam umumnya,” katanya pada Ahad (28/8/2022) lalu di Hacı Beşir Ağa Camii, Istanbul, Turki.


Nazihah saat ini merupakan mahasiswa program magister pendidikan agama dari Universitas Marmara, Istanbul, Turki. Sebelumnya, ia menempuh studi sarjana di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.


Sementara itu, Ahlul Halli wal Aqdi memilih Ahmad Yafiq Mursyid sebagai Rais Syuriyah PCINU Turki masa khidmah 2022-2024. Yafiq merupakan mahasiswa program doktor studi Islam di Universitas Istanbul. Ia juga tercatat sebagai pengajar di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Konfercab merupakan ajang rutinan setiap dua tahun untuk mengevaluasi dan melaporkan hasil kinerja selama satu periode oleh para pengurus. Selain itu, Konfercab mempunyai kedudukan sebagai lembaga permusyawaratan tertinggi di tingkat Pimpinan Cabang.


“Sebuah kelompok, komunitas bahkan sebagai bangsa, terbentuk bukan dari orang pintar, namun orang cerdas yang mampu mengkonsolidasikan satu keberagaman dengan keberagaman lainya, yang mana akan menciptakan sebuah kekuatan,” kata Munji, Rais Syuriah PCINU Turki 2020 – 2022.


“Begitu juga dengan kita sebagai Nahdliyin yang berada di Turki, mari bersama saling membentuk kekuatan itu untuk membuat PCINU Turki lebih baik dan tambah baik lagi kedepanya,” imbuhnya.


Acara ini juga menjadi ajang silaturrahmi untuk mempererat ukhuwah para Nahdliyin yang sedang bermukim di Turki. Para peserta yang ikut hadir dalam acara datang  dari seluruh penjuru kota Turki.


Konfercab ini dihadiri 42 orang dari berbagai kota di Turki, seperti Istanbul, Bursa, Sakarya, Ankara, Iğdır, Kırklareli, Bandırma, dan Ağrı.


Kontributor: Mujtaba
Editor: Syakir NF



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×