Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

7 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Kantuk saat Bekerja

7 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Kantuk saat Bekerja
Ilustrasi mengantuk saat bekerja.
Ilustrasi mengantuk saat bekerja.

Jakarta, NU Online
Merasa ngantuk saat menjalani aktivitas sehari-hari, terutama saat jam kerja, lazim dialami banyak orang. Namun, jika ngantuk terjadi secara terus-menerus, tentu bisa menghambat aktivitas sehari-hari.

 

Ngantuk saat jam kerja juga kerap merusak fokus dan mengganggu aktivitas. Ngantuk bisa disebabkan berbagai faktor seperti kurang minum air putih, memiliki kualitas tidur yang buruk, serta asupan makanan tidak terkontrol.

 

Namun tak perlu khawatir, Anda bisa mengatasi rasa kantuk saat jam kerja dengan cara-cara ampuh berikut ini:

 

1. Membasuh wajah 
Membasuh wajah dengan air dingin adalah cara jitu menghilangkan ngantuk saat bekerja. Sifat air yang menyegarkan dapat menghilangkan rasa lelah di mata sehingga dapat membangkitkan kembali semangat untuk beraktivitas.

 

2. Minum air putih
Ahli Gizi RSUD Kraton, Pekalongan, Zidna Akmala Dewi mengungkapkan, air putih terbukti memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain membantu menghidrasi tubuh, air putih juga ternyata bisa membantu mengurangi rasa kantuk.

 

“Ngantuk itu akibat dari tubuh yang mengalami dehidrasi,” katanya, kepada NU Online, Selasa (20/9/2022).

 

Dengan memperbanyak konsumsi air putih, tambah dia, asupan cairan yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

 

3. Mengunyah permen mint 
Melansir science daily, rasa mint yang segar bisa menghilangkan kantuk di pagi hari. Studi membuktikan bahwa mengunyah permen mint (tanpa gula) dipercaya bisa membangunkan otak dan meningkatkan konsentrasi dalam tugas memori visual.

 

4. Melakukan peregangan
Saat terlalu lama menatap layar ponsel atau monitor kerapkali tubuh dan mata terasa lelah, akibatnya kita merasa bosan dan sering menguap tanpa alasan yang jelas sama sekali.

 

Bergerak membuat darah mengalir dan otak bekerja. Hal ini dapat dilakukan di sela-sela aktivitas untuk sekadar menghilangkan bosan atau kantuk saat bekerja.

 

5. Mengobrol
Di sela-sela aktivitas kerja coba ngobrol dengan teman, cara ini bisa menjadi salah satu alternatif jitu menghindari kantuk berlebih.

 

6. Alihkan pandangan dari layar
Menurut, dr Syifa Mustika terlalu lama memandang layar komputer dapat menyebabkan ketegangan otot mata, dan berakhir pada kondisi astenopia (mata lelah). Hal ini terjadi karena otot mata terus menerus berkontraksi demi melihat arah dekat.

 

“Kelelahan otot mata dapat memperberat rasa kantuk yang kamu alami,” kata dokter dari Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LK PBNU) itu.

 

Cara untuk menghindarinya, terang dia, adalah dengan mengalihkan sejenak pandangan ketika merasa lelah dan penglihatan mulai kurang nyaman.

 

“Alihkan pandangan dengan berjalan-jalan kecil dan melihat suasana yang lebih segar,” terangnya.

 

7. Mengatur pernafasan
Mengambil nafas dalam diyakini dapat meningkatkan kadar oksigen yang didistribusikan ke seluruh tubuh. Dengan meningkatkan fungsi sirkulasi tubuh, menurut dr Syifa, mengatur nafas diyakini dapat meningkatkan level energi seseorang.

 

“Selain berpotensi mampu menjadi cara menghilangkan kantuk saat bekerja, mengambil sepuluh nafas dalam berturut-turut disebutkan dapat menurunkan rasa stres dan kecemasan,” tutur dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Lavalette, Malang itu.

 

Pewarta: Syifa Arrahmah
Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×